Senin 09 Nov 2020 12:59 WIB

Puncak Musim Hujan di Banjarnegara Diprediksi Januari

Semua pihak diminta waspada bencana yang mungkin terjadi saat puncak musim hujan.

Longsor. Ilustrasi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Longsor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memasuki puncak musim hujan pada Januari 2021. Kabupaten Banjarnegara memasuki musim hujan sejak Oktober 2020.

"Puncak musim hujan di Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyumas, Kebumen, dan Purbalingga diprakirakan berlangsung pada Januari hingga Februari tahun 2021," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin (9/11).

Baca Juga

Menurut dia, intensitas curah hujan di wilayah Banjarnegara terus mengalami peningkatan. "Dengan demikian potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor juga ikut mengalami peningkatan, sehingga masyarakat juga perlu meningkatkan kesiapsiagaan, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan banjir dan longsor," katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya mitigasi bencana selama musim penghujan.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara memberlakukan status siaga darurat bencana mulai 12 Oktober 2020 hingga 9 Januari 2021. "Kami mengingatkan seluruh pihak terkait termasuk masyarakat mengenai pentingnya memperkuat mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan saat musim hujan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement