Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Top 5 News: Dari Anggota Harley Pukuli TNI Hingga HRS Pulang

Senin 09 Nov 2020 07:49 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab

Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Satu tersangka anggota Harley Davidson yang pukuli anggota TNI masih berusia 16 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini mungkin kita sering mendengar jika roh manusia yang wafat akan saling mengunjungi atau bertemu, tetapi apakah anggapan tersebut benar atau kurang tepat. Pembahasan terkait hal masuk dalam jajaran berita terpopuler di Republika.co.id pada Sabtu (8/11).

Di posisi pertama, ada berita ditangkapnya pengeroyok TNI di Bukittinggi. Salah satu tersangka berinisial BS ternyata masih berusia 16 tahun dan akan menghadapi proses hukum kategori Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Berikut top 5 news Republika.co.id pada Sabtu (9/11):

1. Satu Tersangka Pengeroyok TNI di Bukittinggi Tergolong ABH
BUKITTINGGI -- Kabid Humas Polda Sumatra Barat Kombes Stefanus Satake Bayu mengatakan satu dari lima anggota Harley Davidson Owner Grup (HOG) Siliwangi Bandung yang menjadi tersangka pengeroyokan anggota TNI diketahui masih tergolong di bawah umur. Tersangka yang dimaksud bernisial BS yang masih berumur 16 tahun. Semula menurut Satake, B tercatat sudah berusia 18 tahun.

 
"Awalnya data kelahiran BS ini 18 tahun. Dari dari akte kelahiran ternyata masih 16 tahun," kata Satake di Bukittinggi, Sabtu (7/11).

photo
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto. - (Antara)
Karena masih berusia 16 tahun, BS akan menghadapi proses hukum kategori Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Di mana proses hukumnya akan berbeda dengan para tersangka kelompok umur dewasa.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ternyata Roh Orang Wafat Bisa Saling Bertemu, Ini Kata Ulama
JAKARTA- Kematian merupakan pindahnya roh dari jasad, bukan berakhirnya kehidupan. Kematian pun hanya menjadi perpindahan dari alam dunia yang fana ke alam barzakh, yaitu alam pemisah antara dunia dengan akhirat. 

Dr Musa bin Fathullah Harun dalam bukunya Perjalanan Rabbani, menjelaskan, maut menjadi pintu gerbang untuk melalui akhirat. 

photo
Warga melakukan ziarah kubur. (ANTARA/FIKRI YUSUF)
Roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzakh hingga hari kebangkitan manusia dari kuburnya pada kiamat kelak. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi. 

عن هانئ مولى عثمان بن عفان قَالَ كَانَ عُثْمَانُ إِذَا وَقَفَ عَلَى قَبْرٍ بَكَى حَتَّى يَبُلَّ لِحْيَتَهُ فَقِيلَ لَهُ تُذْكَرُ الْجَنَّةُ وَالنَّارُ فَلاَ تَبْكِي وَتَبْكِي مِنْ هَذَا فَقَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏"‏ إِنَّ الْقَبْرَ أَوَّلُ مَنَازِلِ الآخِرَةِ فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ ‏"‏

Dari Hani’, pembantu Utsman bin Affan berkata, “Konon Utsman ketika meleati makam dia menangis hingga jenggotnya basah, lalu dikatakan padanya: “Engkau mengingat surga dan negara maka janganlah menangis dan mengangis karena fulan.’ Lalu dia mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persinggahan-persinggahan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA