Ahad 08 Nov 2020 22:19 WIB

Spotify Isyaratkan Buat Layanan Podcast Berlangganan

Spotify membuat survei mengenai peluncuran paket podcast premium.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Layanan streaming musik Spotify.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spotify kemungkinan meluncurkan layanan podcast langganan. Layanan ini akan menawarkan akses tayangan eksklusif dengan biaya bulanan. Presiden Variety’s Intelligence Platform Andrew Wallenstein melaporkan layanan podcast premium dijelaskan dalam survei yang dikirim melalui aplikasi Spotify.

“Tentu Spotify sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan paket podcast premium berdasarkan survei yang saya isi ketika saya membuka aplikasi pagi ini,” kata Wallenstein, melalui twitter.

Baca Juga

“Sepertinya paket podcast premium bebas iklan dan beberapa campuran konten tambahan eksklusif dengan harga antara tiga dolar AS-delapan dolar AS,” ujarnya lagi.

Dilansir dari The Verge, Ahad (8/11), survei tersebut menjelaskan setidaknya empat kemungkinan paket podcast langganan, mulai dari tiga dolar AS hingga delapan dolar AS. Paket termurah akan mencakup akses ke wawancara dan episode eksklusif, tetapi tetap menyertakan iklan.

Paket paling mahal akan mencakup akses ke konten asli berkualitas tinggi, akses awal beberapa episode dan tidak ada iklan yang disisipkan platform. Tak satu pun dari paket ini akan menyertakan akses ke langganan musik premium Spotify.

Seorang juru bicara Spotify mengindikasikan survei tidak boleh dianggap sebagai rencana produk konkret.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah survei dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa di antaranya akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” kata juru bicara tersebut.

Fakta Spotify sedang mensurvei pengguna berarti bahwa mereka mungkin mempertimbangkan untuk meluncurkan semacam paket podcast langganan, meskipun itu tidak selalu mengambil bentuk persis seperti yang dijelaskan di sini.

Spotify melakukan investasi besar dalam pembuatan podcast selama dua tahun terakhir. Perusahaan mengakuisisi beberapa produser podcast besar, termasuk Gimlet, Parcast dan The Ringer, menandatangani kesepakatan podcast eksklusif dengan Michelle Obama, Kim Kardashian West dan Joe Rogan, serta semakin mempromosikan podcast di dalam aplikasinya.

Podcast menawarkan peluang yang menguntungkan bagi Spotify karena tidak perlu membayar biaya lisensi dan royalti untuk streaming, tetapi masih dapat menghasilkan uang dari langganan dan iklan yang dimasukkan aplikasi yang diputar di sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement