Ahad 08 Nov 2020 20:49 WIB

Kebobolan Menit Akhir, Juventus Gagal Menang Atas Lazio

Laga Lazio vs Juventus di Stadion Olimpico malam ini berakhir seri 1-1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo (ketiga kiri) merayakan golnya ke gawang Lazio bersama rekan setim pada laga Serie A, di Stadion Olimpico, Roma, Ahad (8/11). Laga berakhir imbang 1-1.
Foto: ANSA/Claudio Peri
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo (ketiga kiri) merayakan golnya ke gawang Lazio bersama rekan setim pada laga Serie A, di Stadion Olimpico, Roma, Ahad (8/11). Laga berakhir imbang 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Mampu unggul sejak menit ke-15, Juventus malah urung membawa pulang tiga angka dari lawatan ke markas Lazio, Stadion Olimpico, pada giornata ketujuh Serie A, Ahad (8/11) petang WIB. Gawang I Bianconeri kebobolan pada menit terakhir laga, tepatnya pada menit ke-94, lewat torehan pemain pengganti, Felipe Caicedo. Juventus pun harus puas berbagi angka dengan Lazio usai bermain imbang, 1-1.

Tanpa kehadiran Ciro Immobile, yang diketahui positif Covid-19, pelatih Simone Inzaghi menempatkan Vedat Muriqi sebagai tandem Joaquin Correa di lini serang Lazio. Sedangkan, Sergej Milinkovic-Savic dan Luis Alberto mengawal lini tengah.

Baca Juga

Di sisi lain, tim tamu hadir dengan duet Alvaro Morata dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Duet Morata-Ronaldo ini ditopang oleh Dejan Kuluseski, yang ditempatkan di belakang dua striker. Pelatih Andrea Pirlo memutuskan untuk tidak menurunkan Paulo Dybala sebagai starter di laga ini. Pun dengan absennya Weston McKennie dan Arthur di daftar starting line-up Si Nyonya Tua.

Kendati langsung mendapatkan tekanan dari tim tuan rumah pada 10 menit awal laga, tapi Si Nyonya Tua justru mampu lebih dulu mencatatkan keunggulan. Penetrasi Juan Cuadrado di sisi kiri pertahanan I Biancoceleste berbuah maksimal. Sodoran umpan tarik winger asal Kolombia langsung disambar Ronaldo tepat di depan mulut gawang Lazio. I Bianconeri pun mencatatkan keunggulan saat laga baru berjalan 15 menit.

Selang tujuh menit kemudian, giliran Lazio yang mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, bola hasil sundulan Milinkovic-Savic, yang melintas di depan mulut gawang Juventus, tidak bisa dimanfaatkan oleh Muriqi. I Bianconeri tidak mau tinggal diam, meskipun telah mecatatkan keunggulan.

Ronaldo mendapatkan peluang pada menit ke-32 dengan berupaya menuntaskan serangan balik cepat. Namun, bola sepakannya hanya meluncur di sisi gawang Lazio, yang dikawal Pepe Reina. Pun dengan peluang yang didapatnya pada menit ke-42. Sepakan melengkung peraih lima gelar Ballon d'Or dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang.

Peluang terakhir pada babak pertama dalam laga itu hadir via eksekusi tendangan bebas Ronaldo di depan kotak penalti Lazio. Juventus mendapatkan hadiah tendangan bebas usai pelanggaran keras terhadap Dejan Kulusesvksi. Kendati begitu, sepakan keras Ronaldo itu berakhir dengan penyelamatan gemilang Reina.

Memasuki babak kedua, Lazio belum bisa memecah kebuntuan. Upaya pelatih Simone Inzaghi dengan menarik keluar Muriqi dan memasukan Felipe Caicedo pada awal babak kedua juga belum memberikan hasil.

Lazio masih kesulitan dalam menyelesaikan serangan. Absennya Immobile benar-benar mempengaruhi performa lini serang I Biancoceleste. Hingga menit ke-65, Lazio memang sedikit unggul dari Juventus dalam hal penguasaan bola, mencapai 52 persen.

Namun, dari segi efektivitas serangan, Si Nyonya Tua terlihat jauh lebih baik dibanding Lazio. Dari 11 tembakan, Si Nyonya Tua mencatatkan lima tembakan tepat ke arah gawang. Sedangkan, dari 10 tembakan yang dilepaskan Lazio hanya dua yang tepat mengarah ke gawang. Dalam beberapa kesempatan, tim tamu kerap mendapatkan peluang lewat serangkan serangan balik cepat. Salah satunya pada menit ke-70.

Kulusevski langsung merangsek ke depan kotak penalti usai mampu merebut bola di tengah lapangan langsung merangsek ke depan kotak penalti Lazio. Namun, upaya Ronaldo, yang menerimpa operan dari Kulusesvksi, masih bisa dihalau bek Lazio, Luiz Felipe. Itu menjadi peluang terakhir yang didapatkan tim tamu via Ronaldo di laga ini.

Pasalnya, eks bintang Real Madrid itu harus ditarik keluar lantaran sempat mengeluh mengalami cedera. Ronaldo ditarik keluar dan digantikan Paulo Dybala pada menit ke-76. Pun dengan masuknya Weston McKennie guna menggantikan Kulusevski.

Petaka datang buat Juventus datang saat laga memasuki menit terakhir masa injury time babak kedua. Upaya Lazio untuk bisa mencetak gol akhirnya datang pada menit ke-94. Adalah Caicedo yang mencatatkan namanya. Setelah menerima umpan di dalam kotak penalti, penyerang berusia 32 tahun itu melepaskan sepakan terarah dari sisi kanan kotak penalti ke pojok kiri bawah gawang Juventus. Gol Caicedo itu sekaligus mengakhiri laga ini.

photo
Infografis Lazio vs Juventus - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement