Ahad 08 Nov 2020 16:18 WIB

10 Efek Kemenangan Biden untuk Israel, Palestina, dan Iran

Kemenangan Jode Biden dalam pilpres dianggap merugikan Israel

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu pada tahun 2016.
Foto: Al Arabiya
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu pada tahun 2016.

IHRAM.CO.ID, Kebijakan AS di Timur Tengah, terutama konflik Israel-Palestina dan Iran, kemungkinan akan mengalami perubahan besar yang dramatis. Ini karena calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden tampaknya akan memasuki Gedung Putih pada 20 Januari.

Berikut 10 perubahan yang bisa terjadi sebagai akibatnya untuk kawasan Timur Tengah, termasuk Israel dan Palestina seperti dilansir laman Jerusalem Post.

1. "Kesepakatan Abad Ini" Trump ditangguhkan

Kemenangan Biden mengakhiri segala kemungkinan bahwa rencana Trump untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, yang dikenal sebagai "Damai untuk Kesejahteraan" atau dengan julukannya sebagai "Kesepakatan Abad Ini" akan membuahkan hasil.

Rencana tersebut telah menawarkan terobosan radikal dari inisiatif masa lalu, yang memungkinkan Israel pada akhirnya mencaplok hingga 30 persen Tepi Barat dan berjanji untuk mengakui kedaulatan Israel atas sebagian besar Yerusalem timur.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Trump juga memasukkan peta perbatasan yang disarankan untuk resolusi dua negara yang pertama kali diterbitkan untuk resolusi konflik tersebut. Rencana itu terungkap hanya pada Januari 2020, dengan undangan ke Palestina untuk bernegosiasi yang ditolak.

Pemerintahan Trump sendiri mengesampingkan inisiatif musim panas ini demi memprioritaskan kesepakatan normalisasi Israel-Arab, dengan gagasan bahwa penyelesaian konflik Israel-Palestina akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

 

Sekarang Trump tidak akan punya waktu untuk menyelesaikan rencana tersebut dan Biden diperkirakan tidak akan mengadopsinya.

2. Aneksasi Tepi Barat batal

Kemenangan Biden menghilangkan kemungkinan aneksasi Tepi Barat sepihak, bahkan yang kecil. Biden tidak akan mendukungnya dan pemerintahan Trump kemungkinan tidak akan melanjutkannya selama waktu yang telah berlalu, karena pemerintahannya berjanji untuk menangguhkannya dengan imbalan kesepakatan normalisasi dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain.

 

Biden ingin setiap gerakan kedaulatan menunggu sampai kesepakatan status akhir dicapai dengan Palestina. Petanya tentang solusi dua negara tidak mungkin mencakup semua permukiman, dan akibatnya, ketakutan akan evakuasi permukiman di masa depan dan kemungkinan pembekuan permukiman sekarang kembali ke wacana. Para pemukim dan kaum Kanan Israel telah memperingatkan bahwa 10 bulan pertama tahun ini merupakan jendela peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencaplok permukiman. Jendela itu sekarang telah ditutup.

3. Tanggung jawab atas Israel untuk menyelesaikan konflik dengan Palestina

Mantan pemerintahan Obama telah meminta pertanggungjawaban Israel atas kelanjutan konflik, berpendapat bahwa aktivitas permukiman yang terus berlanjut merupakan batu sandungan menuju perdamaian.

Administrasi Trump membalik perhitungan itu. Ini menempatkan tanggung jawab untuk konflik pada Otoritas Palestina karena gagal bernegosiasi dan untuk menghasut. Secara khusus ditetapkan bahwa terorisme adalah batu sandungan menuju perdamaian dan mengambil tugas PA untuk terus mendukung aktivitas teroris melalui pembayaran kepada individu yang dipenjara karena aktivitas teror dan kepada anggota keluarga teroris.

Administrasi Trump juga memisahkan aktivitas penyelesaian dari proses perdamaian baik dengan Palestina atau dengan negara-negara Arab. Tanggung jawab sekarang akan kembali ke Israel untuk menyelesaikan proses perdamaian yang beku, dengan penekanan baru pada hubungan antara proses perdamaian dan pembangunan permukiman, yang sekali lagi akan menjadi batu sandungan menuju perdamaian.

People celebrate after media announced that Democratic U.S. presidential nominee Joe Biden has won the 2020 U.S. presidential election along the 101 beach highway in Cardiff, California, US, November 7, 2020. (photo credit: MIKE BLAKE/REUTERS)

4. Permukiman sekali lagi akan dianggap tidak sah

Biden kemungkinan akan membalikkan kebijakan AS yang telah lama dilakukan oleh pemerintahan Trump, yang menyatakan bahwa aktivitas Israel selama garis pra-1967 di Tepi Barat dan Yerusalem Timur adalah tidak sah.

Pemerintahan Trump telah mengakui hak sejarah dan agama Israel atas wilayah itu. Meskipun tidak pernah mengakui kedaulatan Israel di sana, mereka menyatakan bahwa aktivitas permukiman tersebut tidak bertentangan dengan hukum internasional dan diperbolehkan untuk pembangunan dan perluasan permukiman Yahudi. Untuk menggarisbawahi akar Yahudi yang dalam di wilayah itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Duta Besar AS untuk Israel David Friedman menyebut daerah itu sebagai Yudea dan Samaria.

 

Konsep-konsep yang dihilangkan sebagai bagian dari dukungan AS yang menyelimuti semua permukiman, seperti blok permukiman, permukiman terisolasi dan garis pra-1967, semuanya akan dihidupkan kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement