Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Rumah Leluhur di Irlandia Rayakan Kemenangan Joe Biden

Ahad 08 Nov 2020 16:46 WIB

Red: Nur Aini

Joe Biden

Joe Biden

Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Kakek buyut Biden, Edward Blewit beremigrasi ke Pennsylvania, AS

REPUBLIKA.CO.ID, BALLINA -- Langkah pembatasan untuk menahan pandemi Covid-19 mungkin telah menutup pub-pub di Kota Ballina, Irlandia barat, tetapi tidak menghentikan rumah leluhur Joe Biden untuk merayakan kemenangannya dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada Sabtu (7/11).

Kakek buyut Biden, Edward Blewitt, dibesarkan di kota perdagangan lama, tempat kelahiran Mary Robinson, presiden perempuan pertama Irlandia. Blewitt beremigrasi setelah kelangkaan kentang di Irlandia pada tahun 1840-an ke tempat kelahiran Biden di Scranton, Pennsylvania, kota kembar Ballina.

Sebuah lukisan mural besar bergambar Biden telah menghiasi alun-alun kota County Mayo selama berminggu-minggu dan penduduk setempat dikelilingi oleh bendera Amerika dan poster 'Biden / Harris'.

Baca Juga

"Mungkin hari terbaik dalam hidup saya," kata Laurita Blewitt, sepupu ketiga yang diundang oleh mantan wakil presiden ke jalur kampanye awal tahun ini dan berada di Gedung Putih ketika Biden menerima Medali Kebebasan (Presidential Medal of Freedom) pada 2017 dari Barack Obama.

"Itu adalah hal terbaik yang pernah ada. Sifatnya yang khas Irlandia sangat melekat padanya dan saya tahu dia akan berkunjung secepatnya dan kami akan sangat senang menyambutnya di sini," ujar Blewitt, yang berbicara dengan saudara laki-laki Biden, Jimmy, tak lama setelah dia dinyatakan sebagai pemenang.

Saudara laki-laki Blewitt, seorang tukang ledeng yang juga bernama Joe, mendekorasi ulang kendaraan vannya dengan slogan: "Joe Biden untuk Gedung Putih dan Joe Blewitt untuk RUMAH ANDA."

Biden membawa anak-anak dan cucu-cucunya dalam perjalanan resmi ke Irlandia pada 2016. Mereka mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul Irlandia, yang juga mencakup keluarga di daerah pesisir timur Louth dan hubungan leluhur dengan pemain rugbi Irlandia, Rob dan Dave Kearney.

Kemenangannya pun disambut hangat oleh pemerintah Irlandia. Biden telah memperingatkan Inggris bahwa mereka harus menghormati perjanjian perdamaian 1998 Irlandia Utara saat meninggalkan Uni Eropa atau tidak akan ada kesepakatan perdagangan AS yang terpisah.

"Dia sangat Irlandia," kata Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin, merujuk pada tradisi yang dimulai Biden dalam menjamu Perdana Menteri Irlandia hari itu untuk sarapan di Hari St. Patrick, di kediaman wakil presiden setiap tahun.

"Irlandia bangga dengan pemilihan Joe Biden, sama seperti kami bangga pada semua generasi perempuan Irlandia dan pria Irlandia serta nenek moyang mereka yang kerja keras dan kejeniusannya telah memperkaya keanekaragaman yang memperkuat Amerika," tutur Martin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA