Ahad 08 Nov 2020 13:56 WIB

Para Pemimpin Asia Ucap Selamat atas Kemenangan Joe Biden

Negara-negara ini berjanji untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan AS

Red: Nur Aini
Joe Biden
Joe Biden

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Para pemimpin negara Asia turun ke Twitter pada hari Sabtu (7/11) untuk memberi selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden atas kemenangannya dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

Para pemimpin dalam pesan terpisah mengatakan mereka akan bekerja untuk memperkuat hubungan bilateral dan perdamaian di kawasan itu.

“Selamat @oeBiden & @KamalaHarris. Nantikan KTT Global tentang Demokrasi dari Presiden Terpilih Biden & bekerja dengannya untuk mengakhiri surga pajak ilegal & penyamaran kekayaan bangsa oleh (para pemimpin) koruptor. Kami juga akan terus bekerja dengan AS untuk perdamaian di Afghanistan & di kawasan ini, ” kata Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.

Biden memenangkan negara bagian Pennsylvania yang penting pada Sabtu pagi untuk mengamankan 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk mengklaim Gedung Putih, menurut The Associated Press dan organisasi berita lainnya. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan dia akan bekerja untuk perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

“Selamat untuk @JoeBiden dan @KamalaHarris. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat Aliansi Jepang-AS dan memastikan perdamaian, kebebasan, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik dan sekitarnya, ”katanya.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia berharap untuk bekerja dengan Biden lagi dan berjanji untuk memperkuat hubungan India-AS di bawah pemerintahan baru.

“Selamat @JoeBiden atas kemenangan spektakuler Anda! Sebagai VP, kontribusi Anda untuk memperkuat hubungan Indo-AS sangat penting dan tak ternilai harganya. Saya berharap dapat bekerja sama sekali lagi untuk membawa hubungan India-AS ke tingkat yang lebih tinggi, ” tulis Modi.

Dalam tweet terpisah, Modi menyapa Harris, yang berkulit hitam dan keturunan India-Amerika.

“Kesuksesan Anda sangat luar biasa, dan merupakan masalah kebanggaan yang sangat besar… untuk semua orang India-Amerika. Saya yakin bahwa hubungan India-AS yang bersemangat akan semakin kuat dengan dukungan dan kepemimpinan Anda, ”katanya.

Jacinda Ardern, yang dilantik pada hari Jumat untuk kedua kalinya sebagai Perdana Menteri Selandia Baru, memuji "pesan persatuan" dari kampanye Biden.

“Selamat Presiden terpilih @JoeBiden & @KamalaHarris atas kemenangan Anda dalam pemilihan Presiden AS. Dengan begitu banyak masalah yang dihadapi komunitas internasional, pesan persatuan Anda adalah salah satu yang kami bagikan. Selandia Baru berharap dapat bekerja sama dengan Anda berdua!" kata dia.

Menginginkan kesuksesan untuk Biden dan wakilnya, Harris, Perdana Menteri Australia Scott Morrison berkata: “Aliansi Australia-AS kuat dan abadi, dan dibangun di atas nilai-nilai bersama. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda saat kita menghadapi banyak tantangan dunia bersama. "

Melalui media sosial Twitter, Biden mengatakan: "Amerika, saya merasa terhormat Anda telah memilih saya untuk memimpin negara kita yang hebat," katanya jelang pidato publik yang diharapkan Sabtu malam.

“Pekerjaan di depan kita akan sulit, tetapi saya berjanji kepada Anda: Saya akan menjadi Presiden untuk semua orang Amerika - baik Anda memilih saya atau tidak. Saya akan menjaga kepercayaan yang telah Anda berikan kepada saya, ”kata Biden lagi.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/para-pemimpin-asia-ucap-selamat-atas-kemenangan-biden-dalam-pemilu-as/2035945
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement