Ahad 08 Nov 2020 09:06 WIB

Keinginan Trump untuk Menggugat Hasil Pilpres Bakal Sulit

Trump bakal kesulitan untuk meminta Mahkamah Agung campur tangan

Presiden Donald Trump
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Donald Trump berulang kali mengatakan ada satu tempat yang dia inginkan untuk menentukan hasil pemilihan presiden: Mahkamah Agung AS. Tetapi dia mungkin mengalami kesulitan untuk mencapai keinginannya ini.

Selama dua hari terakhir, Trump memiliki keyakinan bahwa pengadilan tinggi harus terlibat dalam pemilihan seperti yang terjadi pada tahun 2000. Saat itu pengadilan menyelesaikan sengketa pilpres antara George W Bush vs Al Gore.

Baca Juga

Saat ini, enam anggota pengadilan adalah konservatif, termasuk tiga dicalonkan oleh Trump. Namun hasil pemilu tahun ini tampaknya berubah sangat berbeda dari tahun 2000, ketika suara elektoral Florida menyerahkan kursi kepresidenan kepada George W Bush.

Kemudian, Bush memimpin di Florida dan pergi ke pengadilan untuk menghentikan penghitungan ulang. Trump, pada bagiannya, telah menyarankan strategi yang akan fokus pada banyak negara bagian di mana margin kemenangan tampak tipis. 

Tapi dia mungkin harus membujuk Mahkamah Agung untuk menyisihkan suara di dua atau lebih negara bagian untuk mencegah Joe Biden menjadi presiden.

Namun, tidak jelas masalah hukum apa yang mungkin menyebabkan para hakim turun tangan. Trump telah berulang kali membuat klaim penipuan pemilu yang tidak berdasar. Tuntutan hukum yang diajukan oleh kampanyenya sejauh ini merupakan upaya skala kecil yang kemungkinan tidak akan mempengaruhi banyak suara, dan beberapa telah dibatalkan.

Meski begitu, Trump tetap fokus pada pengadilan tinggi. Pada dini hari setelah Hari Pemilu, dia berkata: "Kami akan pergi ke Mahkamah Agung AS - kami ingin semua pemungutan suara dihentikan." 

Dan pada hari Kamis (5/11), ketika Biden beringsut mendekati 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk memenangkan Gedung Putih, Trump kembali mengatakan kepada rakyat Amerika, "Itu akan berakhir, mungkin, di pengadilan tertinggi di negeri ini, kita akan lihat." Di Twitter juga dia mendesak, "Mahkamah Agung harus memutuskan! "

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement