Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Suga BTS Merasa Lega Usai Jalani Operasi Bahu

Ahad 08 Nov 2020 02:10 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Suga BTS sempat dislokasi bahu pada 2013. Ia kini tengah dalam masa pemulihan pascaoperasi bahu.

Suga BTS sempat dislokasi bahu pada 2013. Ia kini tengah dalam masa pemulihan pascaoperasi bahu.

Foto: EPA
Suga akan melewatkan beberapa penampilan BTS terdekat untuk pemulihan pascaoperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Personel BTS, Suga, mengungkap bahwa belum lama ini ia menjalani operasi bahu. Dalam pernyataannya, idol K-pop itu meyakinkan para fan bahwa dirinya dalam keadaan baik-baik saja.

“Halo, ini Suga. Maaf karena telah membuat khawatir, dan saya sangat berterima kasih atas itu. Syukurlah, operasinya berjalan dengan baik. Tentu saya merasakan sakit, tetapi kini saya sangat lega,” kata Suga seperti dikutip dari laman Ace Showbiz, Sabtu (7/11).

Menurut Suga, keputusan untuk operasi diambil setelah mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya karena khawatir cedera bahunya akan semakin parah. Tiga dari empat rumah sakit yang didatangi juga merekomendasikan agar Suga menjalani operasi.

Di lain sisi, pemilik nama asli Min Yoon-gi itu mengaku merasa bersalah kepada member BTS lainnya. Sebab, ia harus absen untuk beberapa kegiatan grup yang telah dijadwalkan dalam waktu dekat.

"Saya pikir itu memalukan juga. Tapi saya janji, hanya absen sebentar, saya harus bisa pulih secepat mungkin. Saya akan segera kembali,” kata dia sekaligus berusaha menenangkan para fan.

Pada hari Jumat, Big Hit Entertainment, yang menaungi BTS, mengumumkan bahwa Suga telah menjalani operasi untuk memperbaiki otot bahunya yang robek. Big Hit juga melaporkan bahwa operasi berjalan sukses dan saat ini Suga sedang proses pemulihan.

Masalah bahu Suga dimulai ketika dia terluka dalam kecelakaan yang terjadi pada 2012, sebelum debutnya. Dia mengalami dislokasi bahu pada 2013. Nyeri bahu itu terus berlanjut, hingga pada 2019 Suga didiagnosis posterior labral tear yang berarti tulang rawan di sekitar sendi bahu kirinya telah robek.

"Sejak saat itu, Suga terus menerima berbagai perawatan untuk mencegah cederanya semakin parah atau memengaruhi aktivitasnya," demikian pernyataan Big Hit.

Suga juga dilaporkan kerap mengalami berbagai gejala, termasuk ketidakmampuan untuk mengangkat tangannya tinggi-tinggi dan serangan rasa sakit yang tiba-tiba. Karena itu keputusan untuk operasi dinilai tepat, terlebih ia harus mempersiapkan wajib militernya serta karir musik pasca-wajib militernya.

Menyusul berita tentang operasi bahu Suga, para Army membanjiri Twitter untuk memberikan semangat dan do’a untuk sang idol. Dalam cicitannya mereka menambahkan tagar #GetWellSoonYoongi.

"Saya tahu dia adalah orang yang kuat. Dia akan segera sembuh. Kami bersamamu sepanjang waktu, dan akan selalu menunggumu. Kesehatanmu lebih penting dari apapun,” demikian cicitan salah seorang Army (Adorable Representative M.C for Youth), sebutan untuk fan BTS.

"Yoongi menjalani operasi bahunya dan kita semua tahu bahwa dia sudah lama menderita ini. Saya sangat berharap dan berdoa untuk kesembuhannya. Kami akan menunggumu Min Yoongi, segera pulih ya," kata Army lain.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA