Ahad 08 Nov 2020 03:10 WIB

Biden Jadi Presiden AS Tertua, Siapa Pegang Rekor Terdahulu?

Joe Biden akan berusia 78 tahun pada 20 November mendatang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Calon presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat, Joe Biden, lahir pada 20 November 1942.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Calon presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat, Joe Biden, lahir pada 20 November 1942.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menang pilpres, Joe Biden menjadi presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Biden diketahui akan menginjak usia 78 tahun pada 20 November mendatang.

Saat ini, rekor presiden tertua dalam sejarah AS dipegang oleh Ronald Reagan. Dia berusia 77 tahun ketika meninggalkan jabatannya pada 1989.

Baca Juga

Tahun lalu, Biden juga sempat membahas mengenai usianya dalam program acara TV "The View" yang tayang di ABC. Saat ini, Biden bersaing dengan pejawat Donald Trump untuk memperebutkan kursi presiden Amerika Serikat (AS) ke-46.

"Menurut saya, sah-sah saja jika orang mempertanyakan usia saya. Mudah-mudahan, saya bisa menunjukkan bahwa dengan usia yang matang, akan hadir kebijaksanaan dan pengalaman yang lebih baik,” kata Biden, seperti dikutip dari laman USA Today, Sabtu (7/11).

Pada Desember 2019, dokter pribadi Biden, Kevin C O'Connor juga merilis laporan yang menunjukkan bahwa calon presiden dari Partai Demokrat itu dalam keadaan sehat, kuat, dan bugar, sehingga akan mampu menjalankan tugas kepresidenan. Laporan dokter mencatat bahwa Biden memiliki detak jantung yang tidak teratur atau fibrilasi atrium nonvalvular, namun tidak memerlukan pengobatan atau perawatan untuk kondisi tersebut.

Presiden pejawat Donald Trump juga menjadi salah satu presiden tertua di AS. Dia berusia 70 tahun pada Hari Pelantikan, 20 Januari 2017 lalu.

Presiden AS lainnya yang dilantik di usia tua ialah Ronald Reagan yang berusia 69 tahun pada tahun 1981, William Henry Harrison yang berusia 68 tahun pada tahun 1841, dan James Buchanan yang berusia 65 tahun pada 1857.

Sementara itu, presiden termuda AS dipegang adalah Theodore Roosevelt yang berusia 42 tahun ketika dilantik pada 1901. John F Kennedy merupakan termuda kedua yang menduduki kursi kepresidenan dalam usia 43 tahun, disusul Bill Clinton dan Ulysses S Grant yang keduanya berusia 46 tahun saat mereka memimpin di Gedung Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement