Sabtu 07 Nov 2020 10:32 WIB

Total Infeksi Covid-19 AS Mencapai 9,7 Juta

Jumlah kematian di AS telah meningkat 1.135 menjadi 234.264.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang berkumpul untuk menonton hasil pemilihan presiden di layar di Times Square di New York, New York, AS, 03 November 2020. Amerika Serikat (AS) melaporkan lebih dari 128.000 kasus virus corona baru pada hari Jumat (6/11).
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Orang-orang berkumpul untuk menonton hasil pemilihan presiden di layar di Times Square di New York, New York, AS, 03 November 2020. Amerika Serikat (AS) melaporkan lebih dari 128.000 kasus virus corona baru pada hari Jumat (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) melaporkan lebih dari 128.000 kasus virus corona baru pada Jumat (6/11). Jumlah kematian secara nasional melebihi 1.000 untuk hari keempat berturut-turut.

Rata-rata tujuh hari kasus baru hampir 100 ribu, hampir 20 ribu lebih tinggi dibandingkan hari ini minggu lalu. Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) jumlah kematian telah meningkat 1.135 menjadi 234.264.

Baca Juga

Menurut data The Washington Post, total infeksi yang dilaporkan di Amerika Serikat menjadi lebih dari 9,7 juta hari Jumat. Setidaknya 235 ribu kematian telah dilaporkan hingga saat ini.

Dua puluh negara bagian melaporkan rekor kenaikan satu hari pada hari Kamis, mencakup New England, Midwest, Great Plains dan Pacific Northwest. Mereka yang menyaksikan peningkatan paling dramatis selama seminggu terakhir termasuk Maine, Iowa, Colorado, Minnesota dan Nebraska.

Kasus di Illinois meningkat pada hari Jumat, menjadi negara bagian kelima yang sekarang telah mencatat lebih dari 10 ribu kasus virus corona baru dalam sehari. Florida, California, New York dan Texas juga telah mencapai sasaran itu.

Tetapi tidak ada tempat yang tampak lebih suram daripada North Dakota, yang memecahkan rekor pada Kamis untuk jumlah infeksi baru dan kematian yang dilaporkan dalam satu hari, serta jumlah pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit. Disesuaikan dengan populasinya, North Dakota telah melaporkan lebih banyak kematian terkait virus corona selama seminggu terakhir daripada di negara bagian lain, dan rata-rata tujuh hari untuk kasus baru mencatat rekor pada hari Jumat.

Sejak kasus mulai meningkat pada pertengahan September, negara bagian secara berkala memberlakukan pembatasan tambahan tetapi sebagian besar menghindari tindakan keras. Beberapa pejabat kesehatan berharap hal itu akan berubah dalam lanskap pasca pemilihan.

"Ada perasaan orang menyerah. Anda memiliki para pemimpin negara bagian yang melihat pemilu dan memutuskan bahwa tidak ada gunanya mengambil tindakan berani dan tidak populer melawan virus yang mungkin menyelamatkan nyawa tetapi merugikan pihak Anda secara politik," ujar Michael Fraser, kepala eksekutif Asosiasi Pejabat Kesehatan Negara Bagian dan Teritorial.

"Ada pejabat kesehatan negara yang memperdebatkan apakah akan terus menyuruh orang untuk melakukan sesuatu, karena mereka tahu banyak yang tidak akan mendengarkan." tambahnya.

Maine mengubah mandat masker di seluruh negara bagiannya pada Kamis untuk mencakup semua pengaturan publik, termasuk tempat orang dapat tetap terpisah lebih dari enam kaki. Sementara itu, Washington DC sebagian besar meninggalkan karantina wajib selama dua minggu bagi pengunjung dari sebagian besar negara bagian, yang diabaikan secara luas dan tidak ditegakkan secara ketat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement