Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Penelitian: Pasien Covid Bisa Punya Gejala Gastrointestinal

Sabtu 07 Nov 2020 06:13 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andi Nur Aminah

Seseorang yang mengalami gangguan penceraan bisa merasakan sakit perut, mual, muntah dan lainnya (ilustrasi)

Seseorang yang mengalami gangguan penceraan bisa merasakan sakit perut, mual, muntah dan lainnya (ilustrasi)

Foto: ist
Satu dari enam pasien Covid-19 menderita gejala gastrointestinal itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Alberta di Kanada, menemukan gejala Covid-19 baru. Berdasarkan penelitian itu, disebutkan jika satu dari enam pasien Covid-19 menderita gejala Pendarahan Saluran Pencernaan (gastrointestinal).

"Ada semakin banyak literatur yang menunjukkan bahwa gejala perut adalah presentasi umum untuk Covid-19," kata rekan penulis studi Mitch Wilson, seorang ahli radiologi dan dosen klinis di universitas mengutip USNews, Sabtu (7/11).

Baca Juga

Dalam studi itu, disebutkan, meski Covid-19 memiliki gejala umum seperti demam dan batuk, nyatanya gejala gangguan pencernaan juga ditemukan. Khususnya yang dimungkinkan pada 16 persen pasien yang terinfeksi. Walaupun, para peneliti juga menemukan jika 18 persen lainnya, memiliki gejala tersebut.

Lebih jauh, gejala gastrointestinal Covid sangat bervariasi. Gejala tersebut dapat berupa kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, dan sakit perut yang menyeluruh. "Tapi, hal-hal ini belum meyakinkan kami bahwa pasien mengidap Covid-19," kata Wilson.

Dia menambahkan, gangguan pencernaan itu bisa terjadi dari berbagai potensi atau penyebab lainnya. Namun demikian, salah satu penyebab potensial dari gangguan itu, juga berasal dari infeksi Covid-19.

"Itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan dan berpotensi diangkat sebagai kemungkinan ke dokter yang merujuk, " ungkap dia. Saat tulisan ini dimuat, penemuan ini telah dipublikasikan di jurnal Abdominal Radiology.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA