Jumat 06 Nov 2020 23:03 WIB

Me Time di Tengah Lembur? Coba Cara Ini

Penting meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah bekerja lembur.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Penting meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah bekerja lembur (Foto: ilustrasi me time)
Foto: Wallpaperflare
Penting meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah bekerja lembur (Foto: ilustrasi me time)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika anda bekerja lembur, yang anda rasakan hanyalah bekerja, makan, dan tidur. Sirkulasi kegiatan ini tampaknya bisa membuat anda merasa kesal dan kelelahan.

Oleh karena itu, penting meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah bekerja lembur. Sebab, jika anda tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan sengaja, anda akan meluangkan waktu untuk diri sendiri secara tidak sengaja. Biasanya “Me Time” yang kurang disadari tidak bisa membuat kita istirahat. Misalnya, mungulur waktu di laman media sosial atau menonton video Youtube hingga larut malam.

Baca Juga

Ada beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan “Me Time” di tengah jam kerja lembur, dilansir Fast Company, Jumat (6/11).

Atur waktu bebas kerja

Saat anda bekerja lembur, anda mungkin perlu meluangkan waktu beberapa jam di malam hari dan akhir pekan. Tetapi jika Anda tidak pernah menentukan jam berapa itu, anda akan memiliki perasaan harus bekerja sepanjang waktu.

Untuk menghindari perasaan tersebut, tetapkan beberapa jam bebas kerja. Misal, luangkan waktu untuk sejenak dari pukul 18.00 sampai 20.00 malam yang bisa anda gunakan berolahraga dan makan malam. Kemudian anda bisa mendapatkan waktu bebas kerja setelah pukul 22.00 WIB.

photo
Pekerja milenial (Ilustrasi) - (Pixabay)

Bagaimanapun caranya, luangkan waktu setiap hari. Serta lakukan peregangan yang lebih lama setiap pekan, terlebih saat anda libur. Hal ini akan membantu anda untuk benar-benar fokus menyelesaikan pekerjaan karena anda tahu bahwa anda benar-benar memiliki waktu istirahat yang menunggu.

Perhatikan kesehatan

Di tengah kerja lembur, anda sebaiknya tetap memperhatikan kesehatan anda. Mungkin ini terlihat seperti tidur selama tujuh jam semalaman, minum air putih yang cukup, atau istirahat lima hingga sepuluh menit selama jam kerja. Anda bisa gunakan untuk jalan-jalan kecil atau meregangkan tubuh dan memberi istirahat pada otak serta tubuh anda.

Memang kegiatan ini membutuhkan waktu. Namun, itu dapat mencegah anda dari kejenuhan dan membuat anda jauh lebih produktif. Saat anda merawat tubuh anda, pikiran anda akan lebih tajam, bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, dan cenderung tidak mennyerah.

Luangkan waktu untuk hal yang anda sukai

Setiap orang memiliki aktivitas tertentu yang membuat mereka bahagia. Aktivitas itu sangat menyegarkan dan menyenangkan. Mungkin berlari, kontak dengan teman, membaca, bermain music, memasak, bermain dengan anak-anak anda, atau menonton serial TV.

Apapun aktivitasnya, coba luangkan waktu setidaknya satu dari aktivitas yang anda sukai setiap hari. Ini bisa memakan waktu hanya 15 menit. Pada hari yang anda tidak terlalu sibuk atau akhir pekan, anda berpotensi menginvestasikan waktu berjam-jam dalam aktivitas yang anda sukai.

Anda tidak perlu memiliki waktu yang lama untuk melakukan aktivitas tersebut.  Saat anda menyediakan waktu untuk sesuatu yang benar-benar anda nikmati, itu memberi kembali energi dan antusiasme selama sisa hidup dan pekerjaan anda.

Bekerja lembur tidak berarti harus bekerja sepanjang waktu. Jika anda sudah selesai dan anda meluangkan waktu untuk apa yang anda butuhkan agar merasa sehat dan bahagia, anda masih dapat memiliki ekstra untuk diri sendiri. Bahkan di tengah banyaknya kerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement