Ahad 08 Nov 2020 04:50 WIB

Kisah Mualaf Karima Razi, Islam Penuhi Kekosongan Hati (2)

Proses pencarian hidayahnya berlangsung selama tiga tahun.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Kisah Mualaf Karima Razi, Islam Penuhi Kekosongan Hati (2)
Foto: pxhere.com
Kisah Mualaf Karima Razi, Islam Penuhi Kekosongan Hati (2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Namun, pada saat itu dia tidak akan pernah menyatakan tertarik pada Islam untuk dirinya. Sebaliknya, dia melihatnya sebagai pendalaman intelektual. 

 

Baca Juga

Karima memiliki pemahaman feminis. Sehingga mulanya dia berpikir Islam menindas wanita. Dalam kursus Studi Wanita dia telah membaca tentang wanita Muslim yang tidak diizinkan meninggalkan rumah mereka dan dipaksa menutupi kepala mereka.  Tentu saja dia melihat hijab sebagai alat penindas yang dipaksakan oleh laki-laki daripada sebagai ekspresi harga diri dan martabat.  

 

Namun dia terkejut setelah membaca ajaran Islam yang sebenarnya. Islam tidak menindas perempuan, tetapi benar-benar membebaskan mereka, setelah memberi mereka hak di abad ke-6, hak untuk memiliki harta dan kekayaan dan mempertahankannya atas namanya setelah menikah,  hak untuk memilih, dan hak untuk bercerai.  

 

"Kesadaran ini tidak mudah datang. Saya menolaknya di setiap langkah. Tetapi selalu ada jawaban atas pertanyaan saya. Mengapa ada poligami? Itu hanya diperbolehkan jika pria tersebut dapat memperlakukan keempatnya secara setara dan bahkan kemudian itu tidak disarankan," ujar dia.

 

Namun, hal itu memungkinkan saat-saat dalam sejarah ketika ada lebih banyak wanita daripada pria, terutama di masa perang. Beberapa wanita tidak kehilangan hubungan dan anak-anak.  

 

Selain itu, jauh lebih unggul dari berselingkuh yang begitu lazim di negaranya karena perempuan memiliki hak hukum untuk menghidupi jika dia memiliki anak. Namun, temuan ini tidak menghilangkan semua ketakutan tentang Islam.  

 

Tahun berikutnya adalah salah satu gejolak emosi yang intens. Setelah menyelesaikan kuliah untuk master dalam Studi Amerika Latin pada musim semi 1989, dia memutuskan mengambil satu tahun untuk mengajar. Ini memungkinkan dia menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari Islam.  

 

Banyak hal tentang Islam masuk akal. Namun, mereka tidak cocok dengan persepsi dia tentang dunia.  

 

Tapi ada sesuatu yang membuat dia terus maju.  Dan itu lebih dari keinginannya untuk menikahi Imran.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement