Jumat 06 Nov 2020 20:56 WIB

Barcelona Vs Real Betis: Blaugrana tak Boleh Kalah Lagi

Barcelona bertengger di peringkat 12 klasemen sementara dengan koleksi delapan poin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain Barcelona.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Para pemain Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona memburu kemenangan saat menjamu Real Betis pada laga pekan kesembilan La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (7/11). Blaugrana membutuhkan tiga poin untuk memperbaiki posisi mereka di papan klasemen. Tim besutan Ronald Koeman tampil kurang meyakinkan di pentas domestik dan kini bertengger di peringkat 12 klasemen sementara dengan koleksi delapan poin.

Blaugrana memang mengamankan berada di trek kemenangan saat berlaga di Liga Champions. Terbaru, Lionel Messi dkk mengatasi Dynamo Kiev 2-1. Sayangnya, mereka belum juga memainkan sepak bola terbaik dan meraih hasil maksimal di La Liga. Ini cukup mengkhawatirkan para pendukung klub.

Ini awal terburuk mereka sejak 2002/03, musim di mana Barcelona finis di urutan keenam. Saat ini, Barcelona berada di peringkat 12, sudah terpaut sembilan poin di belakang pemimpin klasemen Real Sociedad. Barca juga terpaut delapan poin dari juara bertahan Real Madrid. Sisi baiknya, Blaugrana baru menjalani enam laga, sementara Madrid tujuh dan Sociedad delapan pertandingan.

Kesulitan Barcelona menemukan bentuk terbaiknya musim ini disinyalir karena situasi internal klub, yang berdampak pada pengunduran diri presiden Josep Maria Bartomeu baru-baru ini. Dari aspek teknis, Lionel Messi kehilangan ketajaman dan baru bisa mencetak satu gol lewat penalti di La Liga. Ini menjadi awal terburuk Messi dalam aspek mencetak gol di La Liga sejak 2005.

Bek Barcelona Gerard Pique mengatakan, timnya sedang dalam proses membuat banyak perubahan yang diperlukan. "Kami perlu membalikkan keadaan. Jelas terlihat bahwa kami mengalami penurunan dan setiap tahun kami sedikit lebih buruk," kata Pique dikutip dari NDTV Sport, Jumat (6/11).

Dalam situasi tak kondusif ini, Barcelona menyimpan optimisme dengan munculnya pemain muda seperti Ansu Fati, yang berusia 18 akhir pekan lalu, serta Pedri. Keduanya memainkan peran penting dalam kemenangan atas Dynamo Kiev di Liga Champions. Pique berharap ini bisa menjadi kunci bagi Barcelona untuk meraih kemenangan lebih banyak.

Di kubu penantang, Real Betis datang ke pertandingan ini dengan kemenangan 3-1 melawan tim promosi Elche. Verdiblancos berupaya memanfaatkan performa Barcelona yang belum konsisten untuk menambah poin. Skuat asuhan Manuel Pellegrini yang menyandang status tim medioker, berada pada posisi lebih baik, yakni peringkat tujuh dengan koleksi 12 poin.

Kapten Real Betis, Joaquin Sanchez mengatakan timnya harus bisa tampil sempurna dan mengambil setiap peluang jika ingin mengalahkan Barcelona. Sanchez berharap semua pemain bisa mempertahankan momentum setelah kemenangan melawan Elche. "Idenya adalah untuk menang, apapun caranya, bersaing sampai akhir dan mencetak peluang yang Anda miliki," kata Sanchez dikutip dari Mundo Deportivo, Jumat (6/11).

Ia mengingatkan rekan-rekannya terus menerapkan filosofi permainan seperti pertandingan terakhir. Betis, kata dia, harus memaksimalkan keunggulan dan bekerja keras 200 persen. Sebab, mereka menyadari kesulitan yang ditimbulkan oleh Barcelona di Camp Nou. 

Prediksi Susunan Pemain:

Barcelona (4-2-3-1): Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, Frenkie de Jong, Gerard Pique, Sergino Dest, Miralem Pjanic, Sergio Busquets, Ansu Fati, Pedri, Lionel Messi, Antoine Griezmann

Pelatih: Ronald Koeman

Real Betis (4-3-3): Claudio Bravo, Alex Moreno, Marca Bartra, Aissa Mandi, Emerson, Sergio Canales, Guido Rodriguez, Nabil Fekir, Cristian Tello, Antonio Sanabria, Joaquin 

Pelatih: Manuel Pellegrini

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement