Sabtu 07 Nov 2020 05:40 WIB

Ceramah Tema Pahlawan Dinilai dapat Tingkatkan Nasionalisme

Ceramah dengan tema kepahlawanan dinilai dapat meningkatkan rasa nasionalisme

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Penceramah
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Penceramah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Penerangan Agama Islam dari Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi menilai, ceramah dengan tema kepahlawanan dinilai dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang turun. Untuk itu, Kemenag memberikan imbauan kepada seluruh pemuka agama menyerukan tema tersebut pada 6-12 November.

“Semangat (nasionalisme) itu kan perlu digali. Di saat dinilai ada penurunan rasa nasionalis kita, maka penting sekali memanfaatkan momentum hari pahlawan (dengan ceramah bertema kepahlawanan),” kata Juraidi saat dihubungi Republika, Jumat (6/11).

Dia mejelaskan, sosialisasi kepada seluruh pemuka agama pun terus dilaksanakan. Salah satu caranya adalah dengan mengkoordinasikan sejumlah penyuluh agama (penceramah di bawah bimbingan Kemenag) terkait tema ceramah tersebut.

Pihaknya pun berharap, di momentum hari pahlawan seluruh umat beragama di Indonesia dapat merefleksikan kembali semangat juang dan nasionalisme. Di sisi lain, salah satu sikap yang perlu didalami pada momentum tersebut adalah bagaimana umat beragama saling merajut silaturahim atau tali persaudaraan dan kasih sayang.

“Kita harus bisa mengambil teladan para pejuang dan pahlawan kita. Kita eratkan kembali silaturahim, kita rajut dan eratkan lagi persatuan,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement