Jumat 06 Nov 2020 17:37 WIB

Masjid di Bolton Inggris akan Pindah ke Lokasi Baru

Lokasi saat ini tidak cukup menampung aktivitas Muslim.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di Bolton Inggris akan Pindah ke Lokasi Baru
Foto: ANTARA
Masjid di Bolton Inggris akan Pindah ke Lokasi Baru

REPUBLIKA.CO.ID, BOLTON -- Masjid e Salaam dan Madrassah Trust berencana pindah dari Ramsay Street ke gedung dua lantai baru di Blackburn Road, Bolton, Inggris.

Gedung tersebut akan dibangun di bekas pub Brierfield Hotel. Dalam dokumen perencanaan yang diserahkan ke dewan menyatakan, “Masjid e Salaam Trust saat ini menempati sebuah situs di 4 Ramsay Street. Lokasi yang ditempati saat ini kecil dan tidak menyediakan ruang yang cukup untuk berdoa,” dilansir di Asian Image, Jumat (6/11).

Baca Juga

Selain tempatnya yang kecil, ruang yang tersedia juga terbatas sehingga menghambat untuk kegiatan komunitas dan pengajaran. Tujuan pemindahan ini agar fasilitas baru dapat melayani semua kegiatan. Kegiatan mencakup untuk kegiatan komunitas, pengajaran, penitipan anak, dan ruang doa wanita yang akan memperluas peran bangunan dan mendukung fasilitas budaya lokal.

Saat ini masjid memiliki sekitar 100 anggota yang mayoritas tinggal dalam radius satu mil dari lokasi baru. Nantinya, selain perluasan area untuk kegiatan masjid, ada juga area untuk ruang parkir dan area hijau.

“Ini menandai tonggak penting bagi investasi kami di area lokal dan akan membantu kami pindah dari Jalan Ramsay di mana kami telah di sana selama lebih dari 20 tahun,” kata Sekretaris Masjid, Mohammed Patel.

Di tempat lama, kata dia mereka memiliki tempat parkir dan ruang yang sangat terbatas untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

“Kami telah bekerja dengan Bradshaw Gass & Hope, sebuah firma Bolton yang telah mengambil arahan kami untuk menciptakan fasilitas kontemporer dan berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan komunitas dan tidak hanya untuk aktivitas berbasis agama,” ujar dia.

Fasilitas baru nantinya mencakup tempat penitipan anak serta ruang komunitas khusus. Ruang tersebut dapat digunakan untuk kegiatan seperti kelompok olahraga dan lokakarya perawatan kesehatan.

“Relawan kami juga telah mengidentifikasi kebutuhan yang berkembang untuk menyediakan ruang bagi mereka yang membutuhkan bantuan dan saran,” kata dia.

Rencana ini juga bertujuan melestarikan area hijau seperti penempatan pepohonan dan semak. Patel dan rekan-rekannya sangat senang dengan kemungkinan pengembangan yang terbuka serta dapat menyambut komunitas yang lebih luas untuk fasilitas barunya. Rencana tersebut akan dikonsultasikan oleh tetangga sebelum diputuskan oleh anggota dewan di kemudian hari.

https://www.asianimage.co.uk/news/18849532.plans-3-5m-mosque-former-pub-site-finalised/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement