Jumat 06 Nov 2020 17:16 WIB

Menpora: Siapapun Ketum PBSI Harus Majukan Bulu Tangkis

Hari ini PBSI miliki ketum baru.

Rep: Muhammad Ikhawanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para peserta Munas PBSI 2020.
Foto: Dok. PBSI
Para peserta Munas PBSI 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berharap siapapun Ketua Umum baru PBSI periode 2020-2024 harus bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia. Hal itu disampaikan saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) secara virtual dari SitRoom Kemenpora, Kamis (5/11) sore.

Zainudin mengatakan, Munas PBSI ke-23 menandakan perjalanan organisasi tersebut sudah cukup lama. Bahkan sejarah prestasi  yang sudah ditorehkan PBSI baik di tingkat internasional, regional dan pembinaan sangat membanggakan.

"Pemerintah mengapresiasi upaya-upaya dari PBSI dari masa kemasa yang telah memperlihatkan perkembangannya," kata Menpora dalam keterangan pers yang diterima republika.co.id, Jumat (6/11).

"Dan saya berharap apa yang sudah di torehkan ini harus tetap di jaga. Selain itu, secara khusus saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pak Wiranto atas dedikasi yang luar biasa untuk perkembangan olahraga bulutangkis Indonesia," ujarnya.

Zainudin juga menyampaikan, Indonesia memiliki tugas besar karena berencana menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pengalaman Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 tidak diragukan lagi semua berjalan dengan sukses.

"Kita harus mempersiapkan dengan sungguh-sungguh pembinaannya agar torehan prestasi yang kita harapan bisa tercapai. Untuk itu, Kemenpora, KONI dan KOI dan seluruh stakeholder olahraga termasuk PBSI harus segera menyiapkan grand design tentang pembinaan olahraga Indonesia," katanya.

Menurut Zainudin, cabor bulutangkis merupakan andalan Indonesia di Olimpiade. Dan itu sudah dibuktikan bahwa bulutangkis selalu menyumbangkan medali di ajang Olimpiade.

 "Pemerintah sangat berharap prestasi ini bisa dipertahankan oleh kepengurusan berikutnya. Sehingga kebanggaan kita sebagai bangsa akan tetap tercermin di dalam bulutangkis," ucapnya.

Sementara  itu, Ketua Umum PP PBSI periode 2016-2020 Wiranto mengaku bangga pernah memimpin PP PBSI. Karena lewat olahraga bulutangkis, Indonesia mampu mengibarkan bendera merah-putih serta mengkumandangkan lagu Indonesia Raya di kancah internasional.

Ia pun berharap, Munas tahun ini bisa melahirkan ketua umum baru yang tepat, yang punya dedikasi dan komitemen sehingga dapat meningkatkan prestasi bulutangkis.

"Munas dapat menghasilkan keputusan yang bijak dan cerdas menjadi landasan kepengurusan berikutnya, bagi pembinaan dan peningkatan prestasi nasional yang dihadapkan terus mengharumkan nama bangsa," kata Wiranto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement