Jumat 06 Nov 2020 11:09 WIB

Purosangue, Mobil SUV Besutan Ferrari

Ferarri juga ingin memperluas pangsa pasar dan portofolio produk.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Purosangue
Foto: caranddriver
Purosangue

REPUBLIKA.CO.ID, MARANELLO -- Saat ini mobil sport utility vehicle (SUV) sedang sangat diminati. Tak heran, hampir seluruh jenama global melengkapi line up SUV sebagai produk andalan. Salah satu brand yang terpancing untuk terjun dalam pasar SUV adalah Ferrari.

Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (5/11), saat ini jenama Italia itu sedang mempersiapkan SUV dengan nama Purosangue. Menjelang peluncuran, Ferrari pun saat ini masih terus melakukan pengujian untuk SUV pertama bagi Ferrari tersebut.

Baca Juga

Pengujian itu dilakukan di Italia. Tahapan pengujian yang telah dilalui adalah uji lapangan dengan mobil yang dibalut stiker kamuflase. Hal ini sekaligus jadi informasi yang signifikan karena spyshoot soal tampilan dari Purosangue pun mulai tersebar.

Keberlanjutan rencana untuk menghadirkan Purosangue menegaskan bahwa Ferarri juga ingin memperluas pangsa pasar dan portofolio produk. Mengingat, sejumlah konsumen sportscar juga membutuhkan kendaraan fungsional, memiliki akomodasi yang memadai tapi tetap asyik untuk diajak memacu adrenalin.

Soal dapur pacu, mobil ini akan dikembangkan dengan basis modular front-engined platform. Boleh jadi, Purosangue akan hadir dalam opsi hybrid dengan mesin V6 atau V8.

Soal harga, produk yang rencananya akan diluncurkan pada 2022 ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga sekitar 220 ribu dolar AS. Dari sini, terlihat bahwa Purosangue dihadirkan untuk jadi rival Lamborghini (Lambo) Urus.

Urus sendiri saat ini telah terjual hingga 10 ribu unit. Hal ini sekaligus memberikan konfirmasi bahwa banyak kaum jetset yang menginginkan hyper SUV.

Di satu sisi, hingga saat ini Urus telah berhasil memberikan kontribusi yang paling besar dalam porsi penjualan Lambo. Karena, dari seluruh produk Lambo yang terjual, lebih dari setengahnya adalah penjualan yang datang dari Lambo Urus.

Saat pertama dipasarkan pada 2018, produk ini terjual sekitar 1.700 unit. Kemudian, pada 2019, penjualanya melambung hingga hampir 5 ribu unit. Tahun ini, Lambo optimistis Urus dapat terjual hingga 6 ribu unit.

Tak heran, sepanjang 2019, Urus berhasil memberikan kontribusi penjualan hingga 61 persen bagi Lambo. Kini, produk itu pun telah menjadi produk Lambo terlaris ketiga setelah Huracán dan Gallardo yang masing-masing telah terjual sebanyak 14 ribu dan 10.574 unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement