Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

BNI Syariah Catat Peningkatan DPK pada Kuartal III 2020

Jumat 06 Nov 2020 10:04 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha

BNI Syariah mencatat kinerja pertumbuhan positif pada kuartal III 2020 didukung dengan pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya dana murah.

BNI Syariah mencatat kinerja pertumbuhan positif pada kuartal III 2020 didukung dengan pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya dana murah.

Foto: Prayogi/Republika
Kenaikan DPK berkontribusi terhadap total aset BNI Syariah sebesar Rp 52,39 triliun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BNI Syariah mencatat kinerja pertumbuhan positif pada kuartal III 2020 didukung dengan pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya dana murah. DPK tercatat sebesar Rp 45,65 triliun atau naik 21,76 persen secara year on year (yoy) dibandingkan periode sama tahun 2019 sebesar Rp 37,49 triliun.

Kenaikan DPK itu berkontribusi terhadap total aset BNI Syariah sebesar Rp 52,39 triliun pada kuartal III tahun 2020, naik sebesar 19,30 persen secara tahunan. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan, pertumbuhan DPK ini didorong oleh pertumbuhan dana murah (CASA) dalam bentuk giro dan tabungan.

"Rasio CASA BNI Syariah pada kuartal III tahun 2020 sebesar 65,15 persen, naik dibandingkan periode sama tahun 2019 sebesar 61,95 persen," katanya, dalam keterangan pers, Jumat (6/11).

Pertumbuhan dana murah BNI Syariah didukung oleh transaksi Mobile Banking sampai kuartal III tahun 2020 sebanyak 33,8 juta, naik sebesar 119 persen (yoy). Sejalan dengan pertumbuhan transaksi melalui Mobile Banking yang dilakukan oleh Nasabah, transaksi Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) melalui channel Mobile Banking juga tumbuh secara signifikan sebesar 182 persen (yoy).

Sedangkan jumlah transaksi e-banking BNI Syariah yang berasal dari BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking meningkat 108 persen (yoy) menjadi 36,1 juta. E-Banking merupakan salah satu bentuk layanan digital yang diberikan BNI Syariah dalam rangka memberikan kenyamanan dan kemudahan bertransaksi bagi Nasabah.

Pada tahun ini, BNI Syariah mempunyai beberapa strategi untuk meningkatkan DPK. Diantaranya adalah optimalisasi penghimpunan dana murah melalui layanan digital banking Hasanah Mobile, kerjasama dengan institusi untuk layanan payroll dan cash management, pemanfaatan dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), memaksimalkan potensi tindak lanjut implementasi Qanun LKS Aceh, serta optimalisasi ekosistem halal melalui kegiatan Pelatihan Manajemen Masjid maupun kerja sama dengan instansi pendidikan atau pesantren.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA