Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Melihat Transformasi Akting IU, Bermula dari 'Dream High'

Kamis 05 Nov 2020 21:09 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Aktris sekaligus penyanyi Korea, IU.

Aktris sekaligus penyanyi Korea, IU.

Foto: EPA
Dalam serial ini, IU beradu akting dengan Suzy dan Kim Soo-hyun.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Aktris Korea Selatan, IU, mampu membawakan setiap karakter yang dimainkan dengan baik. Alhasil, dia menempati posisi istimewa di hati penggemar drama Korea (drakor).

Sebagai aktris yang mengawali karier saat usia belia, IU tampil semakin matang seiring beranjaknya usia. Berikut transformasi IU yang bisa diamati mulai dari drama remaja musikal "Dream High" hingga "Hotel del Luna".

1. "Dream High"

Serial "Dream High" menceritakan kisah enam siswa di sekolah menengah musik yang berbagi mimpi menjadi idola K-pop. IU bermain bersama idola lain termasuk Bae Suzy, Kim Soo-hyun, Ok Taecyeon 2PM, Jang Wooyoung, dan Eunjung T-ara. Drama kampus yang ceria ini berhasil menarik banyak pemirsa remaja dan penggemar K-pop karena bertemakan romansa serta dedikasi.

Setelah itu, IU muncul dengan beberapa peran seperti di drama "You are the Best", "Bel Ami", dan "The Producers", di mana dia perlahan-lahan membangun pengalaman akting dan reputasi sebagai aktris pemula dengan potensi besar.

2. "Scarlet Heart Ryeo"

IU berperan sebagai wanita abad ke-21 yang dibawa kembali ke masa Dinasti Goryeo saat terjadi gerhana matahari total di drama "Scarlet Heart Ryeo". Saat dia bertemu dengan seorang pangeran yang diperankan Baekhyun EXO, Lee Joon-gi, dan Kang Ha-neul, dia harus menggunakan akalnya untuk mencegah kekejaman keluarga yang tercatat dalam sejarah.

"Scarlet Heart Ryeo" dikenal sebagai titik balik karir akting IU karena penampilannya dalam drama ini membantu membuka pintu untuk peran utama yang lebih besar di masa mendatang.

3. "My Mister"

"My Mister" bercerita tentang tiga saudara lelaki paruh baya, yang tabah dan menanggung beban kesulitan hidup. IU mengambil alih peran seorang wanita yang kuat dan dingin dalam perjuangan finansial dan harus belajar untuk mempercayai orang lain untuk menyembuhkan luka masa lalunya.

"My Mister" adalah drama yang IU mainkan dengan karakter yang menanggung trauma besar. IU menangkap kesulitan dari keputusasaan karakternya dan menunjukkan transformasi sepanjang drama, saat dia melakukan adegan dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa.

4. Persona

Jika sedang mencari inspirasi lewat layanan streaming, Anda bisa melihat Persona. Ini menjadi koleksi empat film pendek, masing-masing dengan sutradara dan alur cerita berbeda yang semuanya dibintangi oleh IU. Film pendek pertama berjudul Love Set, di mana IU harus menantang tunangan ayahnya dalam pertandingan tenis sehingga menangkap perasaan tidak nyaman.

Film pendek kedua berjudul Collector, di mana karakter IU disamakan dengan gumiho rubah mitologi Korea berekor sembilan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu pria. Collector menambah percakapan tentang pandangan masyarakat Korea akan pemberdayaan perempuan dan dinamika gender.

Film pendek ketiga berjudul Kiss Burn, di mana IU berperan sebagai siswi desa yang lucu yang melakukan lelucon terhadap ayah temannya. Film mengangkat tema keberadaan pedesaan Korea.

Film pendek terakhir, Walking at Night berpusat di sekitar percakapan larut malam antara wanita yang meninggal akibat bunuh diri dan muncul dalam mimpi mantan pacarnya. Tidak selalu menyebalkan, akting mengesankan IU dalam karya terakhir ini bersifat filosofis dan eksistensial, yang tidak dapat dilakukan oleh banyak aktor idola.

 5. "Hotel del Luna"

"Hotel del Luna" adalah drama TVN yang paling banyak ditonton pada 2019. Tidak sulit bagi pemirsa untuk mengetahui mengapa drama tersebut menerima peringkat yang tinggi.

IU adalah pemilik hotel yang mengabdikan diri untuk melayani hantu untuk menyelesaikan urusan mereka yang belum selesai. Karena dosa besar IU, dia terikat dengan hotel ini sampai dia bertemu dengan manajer hotel manusia yang membantunya menyelesaikan kutukannya. Kemampuan IU telah meningkat pesat sebagai aktris selama bertahun-tahun. Apa drakor IU favoritmu?



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA