Kamis 05 Nov 2020 19:44 WIB

Perbandingan Mobil Putin, Trump, dan Kim Jong-un

Selain mewah dan nyaman, kendaraan pimpinan negara memiliki fitur keamanan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
The Beast, mobil kepresidenan Donald Trump.
Foto: Leftlanenews
The Beast, mobil kepresidenan Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pimpinan negara identik dengan kendaraan kelas satu. Selain mewah dan nyaman, kendaraan pimpinan negara juga harus memiliki sejumlah fitur keamanan. Tak heran, perpaduan itu pun membuat kendaraan tersebut memiliki harga yang fantastis.

Hal ini pun memantik ide Motor Easy untuk mencoba membandingkan sejumlah kendaraan pimpinan negara. Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (5/11), saat ini Presiden Rusia, Vladimir Putin menggunakan sebuah mobil Aurus Senat. Mobil buatan Rusia itu dipasarkan dengan harga 274 ribu dolar.

Baca Juga

photo
Mobil kendaraan Putin. - (car and driver)

Bisa dipastikan bahwa mobil yang digunakan Putin memiliki harga yang lebih mahal karena telah dilengkapi dengan sejumlah armor.

Di Rusia, mobil yang paling laris adalah Lada Granta yang merupakan produk Rusia. Mobil subkompak itu sendiri dipasarkan dengan harga sekitar 5.400 dolar AS. Artinya, satu mobil presiden Rusia sama dengan harga untuk sekitar 50 unit Lada Granta.

photo
Kendaraan dinas Kim Jong Un. - (caranddriver)

Selanjutnya, pimpinan Korea Utara, Kim Jong-Un mempercayakan Mercedes Benz sebagai kendaraan sehari-hari. Seri yang digunakan merupakan seri S600 Pullman Guard yang dipasarkan dengan harga lebih dari 700 ribu dolar AS.

Di Korea, mobil terlaris merupakan mobil dari Pyeonghwa Motors. Pabrikan asal Korea Utara itu memasarkan produk dengan harga sekitar 10 ribu dolar AS. Dengan kata lain, satu unit Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard memiliki nilai yang sama dengan sekitar 70 unit mobil dari Pyeonghwa Motors.

photo

Kendaraan dinas Donald Trump. - (caranddriver)

Untuk Amerika, saat ini Donald Trump menggunakan mobil Cadillac One. Mobil presiden yang juga disebut dengan "The Beast" itu sendiri merupakan produk yang dipasarkan dengan harga sekitar 1,5 juta dolar AS.

Selain anti peluru selayaknya mobil presiden lainnya, mobil ini juga dilengkapi dengan lemari pendingin untuk menyimpan suplai darah presiden. Cadangan darah tersebut bisa langsung digunakan jika sewaktu-waktu presiden membutuhkan asupan tambahan darah akibat kecelakaan atau serangan.

Sementara itu, Presiden China, Xi Jinping mempercayakan produsen mobil mewah asal China bernama Hongqi untuk menghadirkan kendaraan harian presiden. Produk yang digunakan sendiri merupakan Hongqi N501 yang dipasarkan dengan harga sekitar 760 ribu dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement