Jumat 06 Nov 2020 00:35 WIB

Anies Bersepeda Bersama Para Dubes Negara-Negara Nordik

Jakarta dipilih untuk mengampanyekan kehidupan perkotaan dan transportasi yang sehat

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersepeda bersama para duta besar negara-negara nordik sepanjang delapan kilometer menuju Kantor Nordic Embassies, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis pagi (5/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara EU Climate Diplomacy Week 2020, dimana Jakarta dipilih untuk mengampanyekan kehidupan perkotaan yang sehat dan berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para dubes negara-negara Nordik yang pada hari ini merasakan dan merayakan penggunaan sepeda yang lebih masif di Jakarta,” kata Anies dalam keterangan tertulis resminya, Kamis (5/11).

Anies berharap, nantinya akan lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan kegiatan bersepeda di Jakarta, seperti yang dilaksanakan EU Climate Diplomacy Week 2020. 

Menurut dia, semangat yang dikemas oleh para duta besar negara-negara nordik ini, sejalan dengan komitmen Pemprov DKI untuk terus meningkatkan infrastruktur bagi kendaraan ramah lingkungan dan pejalan kaki. Salah satunya adalah target Pemprov DKI untuk membangun jalur sepeda hingga 500 kilometer di seluruh wilayah Ibu Kota.

“Memang kita sedang mendorong masyarakat menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan. Karena itu pembangunan infrastruktur untuk fasilitas ramah lingkungan baik trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum, kita dorong supaya Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Adapun EU Climate Diplomacy Week merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Uni Eropa (UE) dan negara-negara anggotanya dalam  berbagai acara untuk mendorong dialog dan kerja sama di bidang perubahan iklim. 

Dalam komitmen untuk mewujudkan solusi perkotaan berkelanjutan, Delegasi UE dan Kedubes Nordik khususnya mendukung acara ini untuk mempererat kemitraan antara kota Jakarta, Uni Eropa dan negara-negara Nordik.

Terlebih lagi, Nordik mempunyai misi di Ibu Kota untuk menggelar acara bersepeda tingkat tinggi, namun dalam skala kecil. Hal tersebut untuk mempromosikan bersepeda dan pembangunan perkotaan yang sehat dan berkelanjutan.

Sementara itu, Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen menyampaikan antusiasmenya setelah mencoba jalur sepeda yang telah dibangun di Jakarta. Saat ini, Ibu Kota telah memiliki jalur sepeda sepanjang 63 kilometer.

“Meskipun hujan, tetapi ini adalah hari yang luar biasa menyenangkan, dan kami berterima kasih kepada bapak Gubernur sudah bergabung merayakan hari ini,” tutur Larsen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement