Kamis 05 Nov 2020 16:33 WIB

Macron Sebut tak Dorong Rasisme terhadap Muslim

Macron menegaskan tidak mendorong sikap rasisme terhadap muslim.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Prancis Emmanuel Macron
Foto: AP/Thibault Camus
Presiden Prancis Emmanuel Macron

IHRAM.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan tidak memerangi Islam. Prancis, lanjut dia, memerangi 'separatisme Islam'. Dalam pernyataannya juga ia menegaskan tidak mendorong sikap rasisme terhadap muslim.

"Saya tidak akan mengizinkan siapapun untuk mengklaim bahwa Prancis, atau pemerintahnya, mendorong rasisme terhadap Muslim," kata Macron yang dikutip di Economic Times, Kamis (5/11).  

Pernyataan ini diungkapkan menyusul munculnya artikel dari sebuah surat kabar Inggris yang menyebut Macron menstigmatisasi Muslim Prancis untuk tujuan politik dan menumbuhkan islamophobia.

Sebelumnya seorang koresponden Financial Times menulis pendapat atas kecaman 'separatisme Islam' Macron yang beresiko mendorong ketidaknyamanan bagi Muslim Prancis. Artikel tersebut kini telah dihapus dan digantikan dengan pemberitahuan bahwa artikel tersebut tidak faktual.

 

Sejak merilis pernyataan untuk mendukung tindakan Samuel Paty dan Charlie Hebdo yang melecehkan Nabi Muhammad SAW, Macron dan pemerintahannya dibanjiri kecaman dari negara-negara Muslim. Menyusul protes dan gerakan boikot barang-barang Prancis yang mulai bermunculan di seluruh dunia, Macron mengatakan bahwa dia memahami karikatur itu bisa mengejutkan bagi sebagian orang. Namun dia menekankan masih adanya resiko berkembangnya paham ekstrimis di Prancis.

"Di distrik tertentu dan di internet, kelompok-kelompok yang terkait dengan Islam radikal mengajarkan kebencian terhadap republik kepada anak-anak kami. Inilah yang diperjuangkan Prancis melawan kebencian dan kematian yang mengancam anak-anak. Tidak pernah melawan Islam. Kami menentang penipuan, fanatisme, ekstremisme kekerasan. Bukan agama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement