Kamis 05 Nov 2020 13:13 WIB

Wapres: Orang Indonesia yang Dermawan Potensial untuk Ziswaf

Karakter masyarakat di Indonesia yang dermawan sangat potensial untuk Ziswaf

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri Webinar Internasional Antar Rois Syuriah PCINU di berbagai dengan Tema Diplomasi Santri dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia, Selasa (15/9).
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri Webinar Internasional Antar Rois Syuriah PCINU di berbagai dengan Tema Diplomasi Santri dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia, Selasa (15/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan karakter masyarakat Indonesia memiliki peranan dalam pengembangan zakat, infak, shadaqah dan wakaf (Ziswaf). Ia menilai, karakter masyarakat yang suka membantu, membuat potensi pengumpulan dana sosial cukup besar.

"Karakter masyarakat di Indonesia yang dermawan dan suka membantu orang lain. Hal itu sangat potensial untuk pengembangan Zakat, Infak, Shadaqah dan Wakaf," ujar Ma'ruf saat membuka Ijtima Sanawi Dewan Syariah Nasional MUI tahun 2020 secara virtual, Kamis (5/11).

Ia menjelaskan, sampai saat ini Indonesia belum dapat mengonversi potensi ZISWAF yang besar menjadi sebuah kekuatan finansial untuk kesejahteraan umat Islam di Indonesia. Ia mencontohkan potensi zakat yang saat ini baru delapan persen atau Rp 8 Triliun dari potensi Rp 230 Triliun.

Begitu juga, wakaf yang saat ini potensinya jauh lebih rendah daripada zakat. Dalam beberapa kesempatan, Ma'ruf sering mengatakan, meski memiliki potensi yang besar, wakaf belum dipahami secara luas sebagai instrumen ekonomi syariah.

Pengelolaan aset wakaf saat ini, peruntukkannya masih terbatas pada tujuan sosial seperti penyediaan fasilitas pemakaman, masjid, musala, atau pun madrasah. Berdasarkan sistem Informasi Wakaf Kementerian Agama RI tahun 2019, pengelolaan wakaf, yang sebagian besar terdiri dari aset tidak bergerak, belum banyak diarahkan untuk kegiatan produktif.

Karena itu, Pemerintah kata Ma'ruf, dalam waktu dekat Pemerintah akan meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Tunai. Ma'ruf berharap, melalui gerakan nasional wakaf ini, potensi pengumpulan dana sosial melalui wakaf bisa optimal untuk kesejahteraan masyarakat.

"Gerakan Nasional Wakaf ini sedang kita rancang, dan saya sudah bicara dengan Presiden Jokowi dan Presiden setuju kita akan melakukan Gerakan Nasional Wakaf Tunai," ujar Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement