Kamis 05 Nov 2020 10:40 WIB

Studi: Pria Lebih Mudah Diet Dibandingkan Wanita

Salah satu alasannya yaitu ketidakmampuan wanita menolak makanan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Sepasang pria dan wanita yang sedang menjalani diet. Studi menyatakan, pria lebih mudah menjalani diet dibandingkan wanita (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sepasang pria dan wanita yang sedang menjalani diet. Studi menyatakan, pria lebih mudah menjalani diet dibandingkan wanita (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Wanita lebih sulit diet dibandingkan pria. Padahal, kaum perempuan biasanya memiliki lebih banyak pengetahuan tentang diet dan lebih fokus pada makan bersih.

Salah satu alasan utamanya adalah ketidakmampuan wanita menolak makanan, yang pada ujungnya tetap akan membuat rasa bersalah. Percaya atau tidak, menurut sains, pria lebih mampu menolak sepiring penuh suguhan menggoda dibandingkan dengan wanita.

Dilansir di Times of India, Kamis (5/11), menurut penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, pria menjadi pelaku diet yang lebih baik dibandingkan wanita. Hal tersebut bisa membantu pria menurunkan berat badan lebih cepat.

Kesimpulan tersebut diambil setelah penelitian dilakukan terhadap 23 relawan yang diminta berpuasa selama sehari dan kemudian menekan pikirannya terkait makanan. Ditemukan bahwa peserta laki-laki memiliki lebih sedikit rasa lapar dan keinginan dibandingkan dengan perempuan.

Melalui pemindaian otak, terungkap bahwa pria memiliki aktivitas yang jauh lebih sedikit dibandingkan wanita di bagian otak yang terkait dengan keinginan untuk makan.

Berdasarkan penelitian, pria lebih berpikiran tunggal dan cenderung berkomitmen lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Ketika mereka berkomitmen untuk mengikuti diet sehat dan menjadi bugar, mereka mencoba untuk tetap konsisten. Pria tidak mudah menyerah pada godaan dan sangat baik dalam menahan keinginan mereka.

Alasan kedua adalah hormon mereka. Wanita memiliki lebih banyak estrogen dibandingkan dengan pria. Hormon ini meningkatkan berat badan dan menyulitkan untuk menurunkan berat badan. Apalagi wanita juga memiliki lebih banyak keinginan saat siklus menstruasi bulanan.

Lantas, bagaimana cara menahan keinginan untuk mengurangi berat badan?

Terima kenyataan bahwa penurunan berat badan tidak hanya ditentukan oleh kebiasaan makan dan olahraga.

Hal itu juga dipengaruhi oleh banyak hal. Setiap orang memiliki perjalanan penurunan berat badan yang berbeda.

Jadi, tidak perlu khawatir jika orang lain kehilangan berat badan lebih cepat dibandingkan diri sendiri. Cobalah harus fokus pada diri sendiri dan tetap termotivasi untuk mencapai tujuan.

Jika mendambakan suguhan favorit, tidak buruk untuk sesekali menikmatinya. Tetapi lakukan dengan cara yang paling sehat untuk tetap berada di jalur yang benar.

 .

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement