Kamis 05 Nov 2020 11:00 WIB

Ingin Tingkatkan Imunitas? Ketahui Cara Praktisnya

Ada berberapa cara praktis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas.

Tidur (Ilustrasi). Cukup tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas.
Foto: Piqsels
Tidur (Ilustrasi). Cukup tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Meningkatan imun tubuh di masa pandemi Covid-19 penting untuk dilakukan. Apa saja langkah praktis yang bisa dilakukan?

Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah mengingatkan perlunya istirahat cukup. Menurut National Sleep Foundation, setidaknya orang membutuhkan waktu untuk tidur kurang lebih tujuh hingga sembilan jam dalam sehari.

Baca Juga

"Istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh," kata Jubir Rita Juliawati di Palangkaraya dalam siaran pers, Kamis.

Menurut Rita, tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respons imun tubuh.

 

Selain istirahat yang cukup, rutin berolahraga juga diperlukan untuk menjaga imunitas. Menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. 

"Kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh," ujar Rita.

Dengan berolahraga, menurut Rita, seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan. Hal ini menjadikannya dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit.

Sambil menjaga kecukupan waktu istirahat dan olahraga, konsumsi makanan dengan gizi seimbang juga sangat direkomendasikan. Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi Covid-19.

"Seseorang perlu memerhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin dan menjaga perilaku hidup bersih," tutur Rita.

Ada sejumlah bahan makanan yang dapat menunjang sistem imun. Beberapa contohnya adalah brokoli dan bayam. Dalam dua jenis sayur tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A.

Selain kedua sayur tersebut, masih banyak lagi bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Kunyit, bawang putih, ikan, kerang, tiram, serta buah-buahan seperti lemon, jeruk, kiwi, jambu dan lainnya.

Lantas, jangan lupa minum air putih. Penuhi kebutuhan air sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Dalam sehari, setidaknya harus mengonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh, agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

Selanjutnya tips meningkatkan imun tubuh yang paling penting untuk dilakukan, yaitu mengelola stres dengan baik. Tak kalah penting yakni menjaga kebersihan makanan.

Dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh, seseorang harus mampu menerapkan pola atau perilaku hidup bersih. Menjaga kebersihan makanan perlu diperhatikan, mulai dari cara membersihkan bahan, proses pembuatan, hingga perlengkapan atau alat yang akan digunakan saat makan dan minum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement