Kamis 05 Nov 2020 08:19 WIB

Hewan Peliharaan Bisa Jadi 'Korban' Perceraian

Mengadopsi hewan peliharaan adalah komitmen seumur hidup.

Anjing dan kucing (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Anjing dan kucing (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, COLLETON COUNTY -- Saat pernikahan atau sebuah hubungan berakhir, salah satu pasangan meninggalkan rumah untuk pergi ke tempat lain. Cukup banyak kasus, saat pasangan pertama kali menjalin hubungan, mereka membawa hewan peliharaan ke dalam rumah.

Namun ketika hubungan berakhir, pemilik hewan peliharaan tidak hanya meninggalkan rumah, tetapi juga meninggalkan hewan peliharaannya. Alih-alih merawatnya, sering kali salah satu pasangan yang tinggal di rumah memilih untuk menyerahkan hewan peliharaan ke tempat penampungan hewan.

Cukup memilukan melihat seekor kucing atau anjing yang ketakutan dan bingung saat dibawa ke tempat penampungan oleh tuan yang tak ingin lagi merawatnya. "Ketika Anda mengadopsi hewan peliharaan, itu untuk seumur hidup," ujar Direktur Layanan Hewan untuk Penampungan Hewan Colleton County, Laura Clark, seperti dilansir di laman Walterboro Live, Kamis (5/11).

Dia mengatakan, meninggalkan hubungan manusia bukan berarti meninggalkan hewan peliharaan yang diadopsi. "Anda memiliki tanggung jawab terhadap hewan peliharaan itu seolah-olah ia masih kecil," kata Clark.

Membuang hewan peliharaan begitu saja di sembarang tempat adalah hal buruk. Clark lebih menyukai hewan tersebut dibawa ke tempat penampungan. Hanya saja dia menyarankan, bagi seseorang yang tidak siap merawat hewan selama masa hidupnya, maka jangan mengadopsi.

"Menyerahkan hewan peliharaan Anda ke layanan hewan akan membebani sistem dan menghabiskan banyak uang bagi pembayar pajak," kata dia.

Clark menyebut, pengeluaran terbesar dari tempat penampungan adalah harus merawat hewan peliharaan yang tidak diinginkan lagi. "Kami mendapatkan hingga lima atau enam hewan peliharaan yang diserahkan kepada kami setiap pekan," ujarnya.

Hal tersebut memberikan beban yang sangat besar pada tempat penampungan. Namun, ada yang lebih penting yaitu pengaruh terhadap hewan peliharaan itu sendiri. Beberapa hewan ketakutan dan harus direhabilitasi untuk menerima keluarga baru.

Clark mengatakan, pada dasarnya mengadopsi hewan peliharaan adalah komitmen seumur hidup. Jika Anda tidak sepenuhnya berkomitmen untuk mengambil tanggung jawab tersebut, Clark menyarankan untuk mempertimbangkan kembali menjadi tuan hewan peliharaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement