Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah

Kamis 05 Nov 2020 07:50 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah. Foto: Gerakan shalat (ilustrasi).

Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah. Foto: Gerakan shalat (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sholat istikharah memiliki syarat dan tata caranya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Dalam perjalanan hidup, manusia senantiasa menemui berbagai pilihan. Syariat Islam pun memberikan arahan berupa tuntunan manakala seorang hamba dihadapkan pada proses pemilihan itu, salah satunya dengan sholat istikharah.

Namun demikian, menjalankan sholat istikharah pun memiliki syarat dan tata caranya tersendiri. Salah satunya adalah mengenai perkara kapan waktu pelaksanaan shalat tersebut.

Dalam buku Serba-Serbi Shalat Istikharah karya Syafri M Noor dijelaskan, berdasarkan jumhur (mayoritas) ulama, sholat istikharah tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu alias semena-mena. Karena hakikat dari sholat ini adalah ibadah sunah yang mana Nabi telah melarang untuk melakukan rangkaian ibadah sholat sunah di waktu terlarang.

Baca Juga

Ulama dari mazhab Syafii berpendapat bahwa mengerjakan sholat istikharah boleh dilakukan kapanpun asalkan tempat untuk mengerjakannya ada di Masjid Al-Haram. Sedangkan ulama Syafiiiyah lainnya mengatakan bahwa sholat istikharah bisa dilakukan kapanpun tanpa ada batasan waktunya.
Mereka beralasan bahwa sholat ini dianggap sebagai shalat szawat asbab (yang mempunyai sebab) sehingga boleh dilakukan kapanpun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA