Rabu 04 Nov 2020 21:08 WIB

Perbedaan Batman Versi Robert Pattinson Dibanding Sebelumnya

Perbedaan tidak hanya terletak pada nada suara dan karakter Batman.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson.
Foto: DCEU/Warner Bros.
Karakter Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Beberapa aktor pernah memerankan karakter pahlawan super Batman. Mereka di antaranya Ben Affleck, Michael Keaton, dan Christian Bale.

Dalam film terbaru The Batman, giliran aktor asal Inggris Robert Pattinson yang dipercayakan memerankan tokoh besutan DC Comics itu. DCEU bersama Warner Bros, mulai membuat beberapa perubahan pada cara pendekatan terhadap karakter DC Comics, dimulai dari Batman yang diperankan oleh Pattinson ini.

Dilansir di laman Screen Rant, Rabu (4/11), bukan berarti perubahan itu hanya dalam nada suara dan karakter yang memimpin film. Tetapi juga berarti mengirim beberapa karakter ke luar DCEU untuk memberi mereka dunia mereka sendiri dan membawa yang lain kembali sebagai bagian dari multiverse DC Films.

Adanya multiverse, memungkinkan Bruce Wayne yang diperankan oleh Pattinson menjadi karakternya sendiri, dan tak terikat dengan film-film DC sebelumnya seperti The Dark Knight, Suicide Squad, bahkan Justice League. Setiap Batman memiliki gayanya sendiri. Tak hanya bergantung kepada aktornya tetapi juga kepada tahun pembuatan film, sutradara, dan ceritanya.

Batman versi Adam West lebih berorientasi komedi karena itu merupakan acara televisi. Sementara, versi Michael Keaton adalah orang yang bijaksana dan memancarkan energi tenang yang membantunya ketika tiba waktunya untuk bertatap muka dengan penjahat seperti Joker dan Penguin.

Ada pula Batman dari Val Kilmer merupakan sosok yang serius namun rentan, yang membawa keseimbangan yang baik ke Kota Gotham yang penuh warna dan penjahat ke puncaknya. Gaya George Clooney adalah salah satu yang ingin dilupakan penggemar karena gayanya yang campy tidak menarik bagi siapa pun termasuk Clooney sendiri.

Sementara, Batman versi Christian Bale berfokus pada trauma, yang pada gilirannya membantunya membuat karakter tersebut lebih realistis. Lalu, versi Ben Affleck lebih dewasa dan kejam, yang akhirnya memecah para penggemar.

Bruce Wayne yang diperankan oleh Robert Pattinson akan menjadi versi yang lebih muda dari yang sebelumnya. Dia berusia sekitar 30 tahun dan masih dalam tahap awal perjalanan main hakim sendiri dan detektif.

Dia bukan pemula, tetapi dia juga bukan pahlawan berpengalaman dari buku komik. Versi Pattinson juga akan lebih fokus pada sisi detektif karakter daripada versi sebelumnya, yang sesuai dengan keseluruhan gaya noir yang diputuskan Matt Reeves untuk ditambahkan ke film.

Karena itu, sangat tidak mungkin Batman baru ini akan memiliki nada komedi seperti versi West dan Clooney, misalnya, meskipun itu tidak berarti dia akan kekurangan selera humor seperti versi Bale yang memiliki selera humor yang khas.

Wayne versi The Batman akan menemukan berbagai penjahat seperti Selina Kyle/ Catwoman (Zoë Kravitz), Carmine Falcone (John Turturro), Oswald Cobblepot/ Penguin (Colin Farrell), dan Edward Nashton/Riddler (Paul Dano), yang akan berperan sebagai antagonis utama film tersebut.

Salah satu karakter dari dunia Batman yang dilupakan kebanyakan orang adalah Kota Gotham. Gotham memiliki banyak sejarah dan tidak seperti kota lain, jadi harus menonjol.

Burton mendapatkan ini dengan sempurna, dan meskipun Kota Gotham mungkin tampak terlalu komik sekarang, tidak terlihat seperti kota yang dapat Anda temukan di dunia nyata. Di sisi lain, sutradara Nolan dan Snyder, berupaya memberikan gaya yang realistis, benar-benar lupa tentang apa yang membuat Kota Gotham menjadi tempat yang unik.

Saat datang ke Gotham, sangat sedikit yang diketahui dan hanya beberapa set foto yang muncul, meskipun mereka tidak selalu menunjukkan tampilan akhir kota. Reeves telah berbagi bahwa dia ingin mempersembahkan Gotham dengan cara yang benar-benar sempurna, dan ingin membuat Gotham terasa seperti kota Amerika yang belum pernah dikunjungi.

Pandemi virus corona membuat film The Batman sempat berhenti syuting selama beberapa pekan. Namun, hal itu tidak menghentikan Reeves dan rekan-rekannya untuk membuat trailer teaser yang terungkap selama panel The Batman di DC FanDome.

Teaser ini cukup untuk memberi penonton gambaran tentang nuansa film. Hal itu juga memberi lebih banyak petunjuk tentang bagaimana Batman akan berbeda dengan film Dark Knight sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement