Rabu 04 Nov 2020 20:44 WIB

Resesi Ekonomi, Pemerintah Diminta Perluas Akses Pasar UMKM

Menempatkan produk UMKM di jaringan ritel nasional maupun internasional.

Sekjen DPP PAN, Eddy Suparno
Foto: istimewa/tangkapan layar
Sekjen DPP PAN, Eddy Suparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno meminta pemerintah mendukung Usaha Kecil Usaha Menengah (UMKM) di masa resesi. Khususnya dukungan dalam perluasan akses pasar.

Hal ini disampaikan Eddy dalam diskusi virtual 'Resesi dan Percepatan Pemulihan Ekonomi’, Rabu (4/11). “Bagaimanapun salah satu sektor yang harus terus diperkuat dalam menghadapi pandemi adalah UMKM,” kata Eddy dalam siaran persnya.

Permasalahan Resesi, menurut Eddy adalah tentang bagaimana kita menghadapinya. Jadi resesinya bukan untuk dibesar besarkan tapi disiapkan langkah langkah kebijakannya

Bentuk dukungan memperluas akses pasar di antaranya bisa dengan menempatkan produk UMKM di jaringan ritel nasional maupun internasional. Semakin luas akses pasar, semakin kuat UMKM bertahan dalam menghadapi Pandemi ini

"Yang harus diantisipasi dan disiapkan adalah what next, menghadapi 2021 nanti dimana Covid-19 masih di sekitar kita. Kami dari PAN meminta agar Paket Stimulus diteruskan untuk membantu masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi,” ungkap Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement