Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Perhatikan, Ini Tanda-Tanda Penuaan pada Hewan Peliharaan

Rabu 04 Nov 2020 17:34 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Kucing yang sudah menua (ilustrasi).

Kucing yang sudah menua (ilustrasi).

Foto: Pixabay
Penuaan pada hewan peliharaan berpotensi memengaruhi hubungan Anda dengan mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga memiliki usia. Semakin tahun, usia mereka bertambah dan akan menua.

Nah bagaimana tanda penuaan yang terjadi pada hewan peliharaan? Dilansir di laman Review Atlas, Asosiasi Rumah Sakit Hewan Amerika merekomendasikan agar hewan peliharaan menjalani pemeriksaan lansia pada usia tujuh tahun. Hal ini memungkinkan dokter hewan untuk mengatasi masalah saat ini atau potensi risiko kesehatan, termasuk pertimbangan nutrisi.

Penuaan pada hewan peliharaan berpotensi memengaruhi hubungan Anda dengan mereka. Jadi, waspadai tanda-tanda dan apa yang harus dilakukan dapat membantu menjaga hewan peliharaan Anda yang lebih tua tetap dalam permainan.

Untuk membantu Anda memahami apa yang harus dicari, perhatikan tanda-tanda penuaan TAILS pada kucing dan anjing berikut ini. Apa itu TAILS?

T: Thinking (Berpikir). Hewan peliharaan Anda dibingungkan oleh hal-hal biasa, seperti cara menemukan tempat tidurnya.

A: Activity (Aktivitas). Hewan peliharaan Anda kurang aktif. Tidur siang sekarang lebih menarik dibandingkan bermain atau menjelajah.

I: Interactions (Interaksi). Hewan peliharaan Anda tidak bersosialisasi dengan Anda sebanyak sebelumnya.

L: Loss of control (Kehilangan kendali). Hewan peliharaan Anda terlatih dengan baik, tetapi mulai mengalami kecelakaan.

S: Sleep-wake cycle (Siklus tidur-bangun). Pola tidur telah berubah, dengan lebih banyak waktu terjaga pada malam hari.

Anda yang menghabiskan paling banyak waktu dengan hewan peliharaan. Jadi penting untuk mencatat semua perubahan ini dan mengomunikasikannya kepada dokter hewan. Kunjungan dokter hewan yang konsisten dan mengubah makanan hewan peliharaan hanya dua hal yang dapat membantu hewan peliharaan yang lebih tua untuk tetap sehat pada tahun-tahun berikutnya.

"Seiring bertambahnya usia hewan peliharaan, penuaan terjadi di dalam setiap sel di tubuh mereka," kata Direktur Nutrisi Klinis di Hill's Science Diet, Kathy Gross.

Gross menyebut, penelitian yang dia dan tim lakukan, menunjukkan bahwa ekspresi dan aktivitas gen berbeda pada hewan peliharaan berusia tujuh tahun ke atas dibandingkan dengan hewan yang lebih muda. "Melalui penelitian ini, kami telah mengidentifikasi bahan-bahan alami dan nutrisi yang mengubah aktivitas gen dan menggunakan pengetahuan itu untuk membuat makanan hewan peliharaan untuk hewan peliharaan pada usia ini," kata dia.

Selain melakukan penyesuaian nutrisi, pertimbangkan tip pintar ini untuk membantu hewan peliharaan Anda mendapatkan hasil maksimal dari hidup dan membuka semangat awet muda mereka. Pertama, memberikan olahraga teratur dan kesempatan untuk berinteraksi dengan anggota keluarga. Hal ini mampu membantu menjaga hewan peliharaan yang lebih tua bugar dan pikiran mereka secara aktif terlibat.

Kedua, seperti halnya manusia, pertahankan berat badan dan proporsi tubuh yang sehat (lebih banyak otot, tulang kuat, lebih sedikit lemak tubuh). Caranya, hindari makan berlebihan, menimbang berat badan secara teratur, dan menghindari camilan yang tidak sehat.

Ketiga, pemeriksaan dokter hewan secara teratur (sekali setahun untuk hewan peliharaan paruh baya dan dua kali setahun untuk hewan senior di atas usia tujuh tahun) disarankan agar segala kekhawatiran atau potensi risiko kesehatan dapat diatasi.




BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA