Rabu 04 Nov 2020 16:17 WIB

Jota Bisa Singkirkan Firmino dari Starting XI Liverpool

Jota telah menunjukkan bahwa dia pantas untuk menjadi starter di skuat Liverpool.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Striker Liverpool Diogo Jota.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Striker Liverpool Diogo Jota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan luar biasa Diogo Jota bisa membuat Roberto Firmino absen dari starting XI Liverpool. Tiga penyerang Liverpool telah menjadi salah satu alasan utama mengapa klub ini sukses dalam beberapa tahun terakhir.

Hingga saat ini, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino masih menjadi nama pertama dalam daftar starter skuat Juergen Klopp.

Namun, pelatih asal Jerman itu harus merevisi catatannya setelah pertunjukan lain yang mengesankan oleh penandatanganan musim panas, Diogo Jota. Pemain asal Portugal itu bergabung dengan seragam Anfield dari Wolverhampton Wanderers dan telah menetap dengan mulus. Dilansir Sportskeeda, Rabu (4/11), ia menjadi bintang lapangan dengan hat-trick sensasional melawan Atalanta di Liga Champions.

Setelah berminggu-minggu tampil mengesankan secara konsisten, Diogo Jota menjadi starter melawan klub Serie A Italia itu. Mengambil tempat Firmino di starting line-up, ia mempertanggungjawabkan dirinya sendiri. Pemain berusia 23 tahun itu berhubungan sangat baik dengan Salah dan Mane karena ia juga menunjukkan betapa kejamnya ia di depan gawang.

Enam belas menit setelah pertandingan, Diogo Jota menerima umpan dari Trent Alexander-Arnold dan melepaskan tembakan melewati kiper untuk membawa Liverpool unggul. Dia menggandakan keunggulan the Reds setelah setengah jam dengan penyelesaian cekatan lainnya.

Jota menyelesaikan hat-tricknya di awal babak kedua setelah gol-gol dari Salah dan Mane melindungi keunggulan Liverpool. Ia kemudian digantikan oleh Firmino pada menit ke-65, dan menerima pelukan hangat dari sang pelatih.

Jota telah menunjukkan bahwa dia pantas untuk menjadi starter, dan Klopp harus berpikir dengan cara yang sama, terutama setelah menyaksikan performa gila sang pemain.

Selain itu, Firmino jarang tampil produktif dalam beberapa pekan terakhir. Sementara mantan pelatih Borussia Dortmund itu sering secara terbuka mendukung pemain Brasil itu. Ia bersikeras puas dengan penampilannya, meskipun kurangnya gol tentu mengkhawatirkan.

Firmino telah memainkan 11 pertandingan di semua kompetisi musim ini, hanya mencetak satu gol. Angka-angka seperti itu tidak cukup bagus untuk seorang penyerang dan Klopp tahu itu.

Jota, di sisi lain, kini telah mencetak tujuh gol dalam sembilan pertandingan sejak bergabung dengan Liverpool pada awal musim. Ia memberikan penampilan yang konsisten baik di Liga Primer Inggris dan di Eropa.

Firmino tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu letnan paling tepercaya Klopp, tetapi Diogo Jota tidak dapat lagi disimpan di bangku cadangan karena ia saat ini sedang dalam performa terbaiknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement