Rabu 04 Nov 2020 15:25 WIB

Joe Biden Optimistis Menangi Pilpres AS

Perhitungan sementara menunjukkan Biden lebih unggul raih suara elektoral

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
 Kandidat presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden
Foto: AP/Carolyn Kaster
Kandidat presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden optimistis memenangkan pilpres. Dia mengatakan terus memantau hasil penghitungan suara.

"Saya di sini untuk memberi tahu Anda malam ini bahwa kami yakin kami berada di jalur yang tepat untuk memenangkan pemilihan ini. Saya optimis tentang hasil ini," kata Biden kepada para pendukungnya di luar Chase Center di Wilmington, Delaware, pada Selasa (3/11), dikutip laman CBS.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Biden mengatakan bahwa dia yakin akan memenangkan Arizona, Michigan, Wisconsin, dan Pennsylvania. Keempat negara bagian itu masuk dalam kategori swing state. Kedua kandidat memiliki peluang setara untuk meraih suara di negara bagian terkait.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya karena telah memberikan suara. "Jaga keyakinan kalian. Kita akan memenangkan ini," ujarnya.

Sejauh ini, hasil penghitungan yang dilakukan beberapa media menunjukkan bahwa Biden masih lebih unggul dibandingkan pejawat Donald Trump. Kantor berita Reuters, misalnya, melaporkan bahwa Biden telah meraih 192 suara elektoral. Sementara, Trump baru mendapatkan 114 suara elektoral.

Media Politico mencatat Biden telah meraih 213 suara elektoral, sedangkan Trump hanya 136. Sementara, ABC News melaporkan bahwa Biden telah mengumpulkan 192 suara elektoral dan Trump 136. Untuk memenangkan pemilu, Biden atau Trump harus meraih 270 dari 538 suara elektoral. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement