Rabu 04 Nov 2020 15:05 WIB

Infografis Bagaimana Covid-19 Menyebar dengan Mudah

Covid-19 paling mudah ditularkan lewat kontak dekat dengan penderita.

Foto: Republika
Penyebaran Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, Di Indonesia, angka Covid-19 memang cenderung menurun. Di belahan dunia lain, Eropa misalnya angka Covid-19 justru kembali naik. Artinya, selama belum ada obatnya, upaya terbaik terhindar corona adalah melakukan langkah-langkah agar tidak tertular Covid-19.

Berdasarkan panduan dari Centers for Disease Control and Protection (CDC) Amerika, Covid-19 paling umum menyebar lewat kontak dekat, yaitu:

Baca Juga

* Individu dalam jarak dekat, dalam cakupan 6 kaki atau 1,8 meter, dengan penderita Covid-19 atau kontak langsung individu yang paling berisiko terpapar Covid-19.

* Ketika penderita Covid-19 batuk, bersin, bernyanyi, bicara, atau bernapas, mereka memproduksi droplet. Droplet tersebut bisa beragam ukurannya dari besar ke kecil. Droplet kecil yang berupa partikel, ketika kering sangat mudah masuk ke saluran udara.

* Infeksi umumnya terjadi lewat paparan dari droplet ketika seseorang dalam posisi dekat atau kontak langsung dengan penderita Covid-19.

* Ketika droplet berkelana dari penderita Covid-19, konsentrasi droplet memang mengecil. Droplet besar bisa jatuh karena faktor gravitasi, droplet kecil namun bisa melayang-layang di udara hingga akhirnya hilang,

* Pastikan selalu mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement