Kamis 05 Nov 2020 05:19 WIB

Selamatkan Polisi Saat Serangan Wina, Warga Palestina Dipuji

Warga Palestina selamatkan polisi saat serangan Wina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
 Selamatkan Polisi Saat Serangan Wina, Warga Palestina Dipuji. Foto: Polisi Austria berkumpul setelah beberapa kali penembakan di distrik pertama Wina, Austria, 03 November 2020. Menurut laporan terbaru, setidaknya tiga orang dilaporkan tewas dan banyak yang terluka parah dalam apa yang dianggap pejabat sebagai serangan teror yang terjadi di malam tanggal 2 November.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Selamatkan Polisi Saat Serangan Wina, Warga Palestina Dipuji. Foto: Polisi Austria berkumpul setelah beberapa kali penembakan di distrik pertama Wina, Austria, 03 November 2020. Menurut laporan terbaru, setidaknya tiga orang dilaporkan tewas dan banyak yang terluka parah dalam apa yang dianggap pejabat sebagai serangan teror yang terjadi di malam tanggal 2 November.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA – Seorang imigran Palestina dipuji atas perannya dalam menyelamatkan nyawa seorang perwira polisi yang terluka dalam serangan teror terkait ISIS di Wina, Austria. Dia adalah Osama Joda (23 tahun) yang dipuji sebagai pahlawan karena mempertaruhkan nyawanya dalam serangan tersebut.

Sementara pelaku adalah seorang pendukung ISIS yang terpidana membunuh setidaknya 4 orang dan melukai puluhan lainnya.

Baca Juga

Otoritas polisi menghormati imigran muda itu dengan memberinya medali kehormatan pada Selasa (3/11). Menurut Koran Harian Kurier, Joda bekerja sebagai restoran cepat saji di daerah tersebut ketika dia bergegas untuk membantu petugas yang terluka meskipun ada suara tembakan.

Dia membantu petugas itu bersembunyi di balik balok beton di alun-alun Schwedenplatz tempat serangan itu terjadi. Dia juga merawat polisi yang berdarah dan membantu petugas lain membawanya ke ambulans terdekat.

Dua pria Austria-Turki, Recep Tayyip Gultekin dan Mikail Ozen juga dipuji oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan karena mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan seorang perwira polisi dan dua wanita di lokasi serangan.

Pria bersenjata yang bertanggung jawab atas serangan di Wina adalah seorang pendukung kelompok Negara Islam (IS) yang menurut pemerintah membodohi upaya deradikalisasi resmi.

Sang pelaku, Kujtim Fejzulai (20 tahun) ditembak mati oleh polisi dan dipersenjatai dengan Kalashnikov yang dipersingkat, pistol, parang, dan sabuk peledak palsu.

Menurut Menteri Dalam Negeri, Karl Nehammer sang pelaku memiliki kewarganegaraan ganda Makedonia-Austria. Dia telah dihukum tahun lalu karena mencoba melakukan perjalanan ke Suriah dan mencoba bergabung dengan ISIS.

Setelah hukuman itu, Fejzulai yang namanya menunjukkan dari etnis Albania, dijatuhi hukuman 22 bulan penjara. Namun, dia dibebaskan lebih awal dengan pembebasan bersyarat pada bulan Desember.

\"Pelaku berhasil mengelabui program deradikalisasi sistem peradilan, membodohi orang-orang di dalamnya, dan mendapatkan pembebasan lebih awal melalui ini,\" kata Nehammer dilansir English Al Araby, Rabu (4/11).

Menteri Kehakiman, Alma Zadic mengatakan sejalan dengan hukum Austria, Fejzulai telah dibebaskan pada Desember 2019 setelah menjalani dua pertiga dari hukumannya. Tetapi dia juga menjalani masa percobaan tiga tahun.

"Ini memungkinkan kami untuk terus memiliki pengaruh terhadap pelaku di luar masa hukuman penjara mereka," ujar Zadic.

Dalam kasus Fejzulai, dia diminta untuk melapor secara teratur kepada konselor masa percobaan dan program deradikalisasi DERAD. Menurut Zadic, Fejzulai sedang melakukannya.  

Sedangkan berdasarkan keterangan polisi di Makedonia Utara, sekitar 150 warga negara melakukan perjalanan untuk berperang bersama para jihadis di Irak dan Suriah. Terutama antara 2012 dan 2016.

Sebagian besar mereka berasal dari etnis minoritas Muslim Albania di Makedonia Utara yang membentuk sekitar seperempat dari 2,1 juta populasi. 

Sumber:

https://english.alaraby.co.uk/english/news/2020/11/3/palestinian-immigrant-honoured-for-saving-vienna-officer-during-attack

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement