Rabu 04 Nov 2020 13:17 WIB

Ratusan Orang Berkumpul di Black Lives Matter Plaza

Ratusan orang membentangkan spanduk dan poster serta meneriakkan slogan demokrasi

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Ratusan orang membentangkan spanduk dan poster serta meneriakkan slogan demokrasi di Black Lives Matter Plaza, Rabu (4/11).
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Ratusan orang membentangkan spanduk dan poster serta meneriakkan slogan demokrasi di Black Lives Matter Plaza, Rabu (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ratusan orang berkumpul di Black Lives Matter Plaza yang terletak hanya satu blok dari Gedung Putih. Mereka membentangkan spanduk dan poster serta meneriakkan slogan-slogan demokrasi.

Suasana di hari pemungutan suara di AS pada Rabu (4/11) cukup meriah meskipun ada sedikit bentrokan kecil yang menyertainya. Pihak berwenang mewaspadai gelombang unjuk rasa usai pemungutan suara ditutup. Petugas keamanan berkeliling untuk menjaga ketertiban di masyarakat.

Baca Juga

Sejauh ini Presiden AS Donald Trump meraih kemenangan di Negara Bagian Utah. Kandidat presiden dari Partai Republik itu pun mendapatkan enam suara elektoral.

Utah memang bukan negara bagian Demokrat sejak Lyndon B. Johnson. Trump memenangkan Utah pada 2016 lalu tapi kandidat independen Evan McCullin cukup kuat dengan memperoleh 20 persen suara.

Kandidat presiden dari Demokrat Joe Biden memenangkan Kalifornia, Oregon, dan Washington. Trump berhasil memenangkan Idaho. Kalifornia, Oregon, dan Washington memang negara bagian liberal sementara Idaho konservatif.

Kalifornia memiliki 55 suara elektoral, terbesar di antara negara bagian lainnya. Negara bagian itu juga merupakan kampung halaman Senator Kamala Harris yang maju sebagai wakil Biden. Harris pernah menjabat sebagai jaksa distrik dan jaksa agung Kalifornia.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement