Rabu 04 Nov 2020 12:40 WIB

Kanye West Pilih Dirinya Sendiri di Pilpres AS

Kanye West merupakan calon independent dalam Pilpres AS 2020.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kanye West merupakan calon independent dalam Pilpres AS 2020 (Foto: Kanye West)
Foto: Time
Kanye West merupakan calon independent dalam Pilpres AS 2020 (Foto: Kanye West)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga negara Amerika Serikat (AS) saat ini tengah memilih kandidat presiden antara pejawat Donald Trump dan Joe Biden. Namun ada yang berbeda dengan rapper Kanye West, dia memilih dirinya sendiri di Pilpres AS 2020.

Pria berusia 43 tahun itu memilih dirinya dan ‘pasangannya’ Michelle Tidball di pemungutan suara Wyoming. Ia kemudian mendokumentasikan pengalaman itu di media sosial.

Baca Juga

“Tuhan sangat baik. Hari ini saya memberikan suara untuk pertama kalinya dalam hidup saya di Pilpres Amerika Serikat. Dan suara saya diberikan untuk seseorang yang benar-benar saya percayai yaitu saya sendiri,” kata West di Twitter.

"Pemungutan suara pertama dalam hidup saya. Kami di sini untuk melayani, Kami berdoa untuk setiap pemimpin yang melayani di dunia," kata West pada video lain seperti dilansir dari Fox News, Rabu (4/11).

West telah menjadi berita utama bulan lalu untuk wawancara mendalamnya di podcast Joe Rogan. Selama obrolan, West mengatakan kepada komedian itu bahwa pencalonan menjadi calon presiden AS diilhami oleh Tuhan.

“Itu adalah sesuatu yang Tuhan simpan di hati saya di tahun 2015. Beberapa hari sebelum penghargaan MTV, saya tersadar. Ketika saya pertama kali memikirkannya, saya baru saja mulai tertawa sendiri dan semua kegembiraan ini menyelimuti tubuh saya, melalui jiwa saya," kata dia.

Namun dia mengakui bahwa teman dan koleganya mengira dia bercanda atau mencoba meyakinkan dia untuk tidak memulai kampanye. West pertama kali mengumumkan pencalonan presidennya pada Hari Kemerdekaan AS di Twitter. 

Meski pada akhirnya rencana West untuk terjun ke dunia politik batal karena dia melewatkan beberapa tenggat waktu pemungutan suara. Bintang "Friends" Jennifer Aniston menjadi salah satu seleb yang menentang pencalonan West. Aniston mendesak lebih dari 35 juta pengikut Instagram-nya untuk tidak memilih musisi dan kandidat presiden tersebut, karena itu bukanlah langkah yang cerdas.

"Semua ini bukan tentang satu kandidat atau satu masalah, ini tentang masa depan negara ini dan dunia. Pilih capres yang menjunjung hak asasi manusia yang setara. (Tidak lucu memilih Kanye). Aku tidak tahu bagaimana lagi mengatakannya. Kita harap bertanggung jawab,” kata Aniston di Instagramnya.

Istri West, Kim Kardashian, dan saudara perempuannya, Kourtney dan Khloe, juga memposting bahwa mereka menggunakan hak suara mereka di Pilpres AS. Tetapi mereka tidak mengungkapkan kandidat pilihan mereka ke publik. Hingga kini, berdasarkan hasil perhitungan, Kanye West mendapat suara 0,3 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement