Selasa 03 Nov 2020 22:20 WIB

Pemkab Cirebon Dorong UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Sejumlah langkah sudah dilakukan oleh Pemkab Cirebon untuk mendukung kebangkitan UMKM

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Perajin menyelesaikan pembuatan kursi rotan sebagai produk UMKM yang siap ekspor. (ilustrasi)
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Perajin menyelesaikan pembuatan kursi rotan sebagai produk UMKM yang siap ekspor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON  -- Berlangsungnya pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai sektor, termasuk perekonomian. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit di masa pandemi ini. Hal itu disampaikan Bupati Cirebon, Imron, saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Suranenggala, Selasa (3/11). 

Dia menyatakan, pihaknya akan terus mendorong untuk memulihkan kembali perekonomian di Kabupaten Cirebon yang terdampak pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir. "Salah satunya dengan mendorong UMKM agar bangkit," kata Imron.

Baca Juga

Imron mengungkapkan, sejumlah langkah sudah dilakukan oleh Pemkab Cirebon untuk mendukung kebangkitan UMKM. Salah satunya dengan menggelar pameran produk-produk UMKM. Melalui pameran, Pemkab Cirebon akan mengenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat. "Kami juga siap untuk membantu pemasarannya," tukas Imron.

Walaupun pemerintah daerah siap untuk mendukung kebangkitan UMKM, namun Imron berharap unsur lainnya juga ikut terlibat dalam gerakan ini. Dia meminta agar instansi di level kecamatan dan desa bisa membantu pemda dalam mendorong bangkitnya kembali UMKM.

Imron berharap, UMKM di Kabupaten Cirebon tak sampai mengalami kondisi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Agar bisa bangkit, maka UMKM juga diminta untuk melakukan inovasi dalam produknya. "Pelaku UMKM-nya juga harus ikut berusaha bersama bangkit dalam masa pandemi ini," tandas Imron. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement