Rabu 04 Nov 2020 00:27 WIB

Minim Opsi Pemain, Ten Hag Yakin Bisa Bungkam Midtjylland

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, akhirnya pasrah menerima keputusan UEFA.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Erik Ten Hag
Foto: EPA-EFE/REMKO DE WAAL
Erik Ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, JUTLAND -- Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, akhirnya pasrah menerima keputusan UEFA dan otoritas kesehatan Denmark terkait hasil tes Covid-19 terhadap setidaknya 11 penggawa tim utama Ajax. Ujungnya, De Godenzonen hanya bisa membawa 17 pemain dalam lawatan ke kandang Midtjylland pada laga ketiga babak penyisihan Grup D Liga Champions, Rabu (4/11) dini hari WIB.

Setidaknya 11 pemain dilarang memasuki Denmark lantaran berdasarkan hasil tes Covid-19 para pemain tersebut positif Covid-19. Alhasil, dalam skuat Ajax tidak ada nama sejumlah penggawa andalan semifinalis Liga Champions dua musim lalu tersebut, termasuk Dusan Tadic dan Davy Klaassen. 

Baca Juga

Bahkan, dua penjaga gawang utama Ajax, Andre Onana dan Maarten Stekelenburg, juga tidak ikut dalam rombongan skuat Ajax ke kandang klub asal Denmark tersebut. Akhirnya, Ten Hag hanya bisa membawa kiper Kjell Scherpen, yang belum pernah tampil memperkuat Ajax setelah direkrut pada awal musim ini, di skuat Ajax di laga tersebut.

Kendati tidak memiliki banyak opsi pemain, tapi Ten hag mengaku masih optimis bisa memetik tiga angka dalam lawatan ke Stadion MCH Arena tersebut. Pelatih berusia 50 tahun itu tetap yakin, De Gondenzonen masih memiliki sejumlah pemain-pemain yang bisa diandalkan untuk memetik kemenangan perdana di pentas Liga Champions musim ini.

Ten Hag pun mengaku bakal beradaptasi dengan minimnya opsi pemain di laga tersebut. ''Kami masih memiliki pemain-pemain yang berkualitas. Mungkin sejumlah pemain akan diturunkan bukan di posisi aslinya. Kami juga bisa melakukan rotasi posisi pemain. Semua pemain tahu apa yang harus dilakukan di laga tersebut,'' kata Ten Hag sepeti dilansir laman resmi UEFA, Selasa (3/11).

Tidak hanya itu, pelatih asal Belanda itu pun menyebut, anak-anak asuhnya harus bisa tampil tenang di laga tersebut. De Godenzonen, tutur Ten Hag, mesti bisa menunjukan gaya permainan mereka sendiri dan tidak terbawa oleh permainan tim tuan rumah. ''Midtjylland memiliki motivasi yang tinggi dan mereka bisa begitu menyulitkan. Hal ini seperti terlihat saat mereka menghadapi Liverpool. Karena itu, kami harus tenang dan bisa menunjukan permainan kami,'' ujar Ten Hag.

Setelah dibekap Liverpool, 0-1, Ajax gagal memetik kemenangan saat ditahan imbang Atalanta, 2-2, tengah pekan lalu. Belum bisa memetik kemenangan di pentas Liga Champions musim ini dan hanya bisa memetik satu poin dari dua laga membuat De Godenzonen masih terdampar di peringkat ketiga klasemen sementara Grup D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement