Selasa 03 Nov 2020 16:45 WIB

Sekjen PSSI Canangkan Ternate Sebagai Kota Sepak Bola

Ternate telah banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola nasional.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.
Foto: dok pribadi
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Yunus Nusi, dijadwalkan menghadiri pembukaan Liga Ternate Premier League (TPL) tahun 2020/2021. Event ini digelar Asosiasi Kota (Askot) PSSI sekaligus mencanangkan Ternate sebagai kota sepak bola.

"Kehadiran Sekjen PSSI di Ternate tidak hanya menghadiri pembukaan TPL yang akan digelar pada 14 November 2020 itu, akan tetapi Sekjen PSSI juga mencanangkan Ternate sebagai Kota Sepak Bola," kata Ketua Askot PSSI Ternate, Muhdin Taha, Selasa (3/11).

Muhdin mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi dengan PSSI melalui sekjen telah disimpulkan bahwa Kota Ternate sudah sangat layak menjadi kota sepak bola. Sebab, katanya, Ternate telah banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola yang sebagian besar merumput di klub-klub Tanah Air, termasuk di antaranya pemain yang memperkuat timnas Indonesia.

Muhdin menambahkan, penetapan kota Ternate sebagai kota sepak bola telah dirintis sejak lama. Sejak dua tahun lalu Askot Ternate mempersiapkan sejumlah perangkat seperti pelatih maupun wasit berlisensi PSSI.

Selain itu, ada dukungan lainnya dari kalangan pemilik Sekolah Sepak Bola (SSB) dan klub-klub sepak bola di Ternate. Askot selalu bersinergi dengan klub-klub maupun SSB yang memiliki pemain bagus.

Muhdin mengatakan, kegiatan TPL maupun pencanangan Ternate sebagai kota sepak bola telah mendapat dukungan Pemkot Ternate melalui Dinas Pemuda dan Olah raga serta KONI Kota Ternate. "Alhamdulillah Pemkot melalui Kadispora sangat memberikan respons. Begitu juga ketua KONI Ternate yang selalu memberikan dukungan kepada Askot," ujarnya.

Tidak hanya Sekjen PSSI yang akan hadir akan tetapi Kemenpora melalui Dirjen Pengembangan Prestasi Olahraga juga telah menyatakan kesediaannya untuk hadir.

Soal Liga Ternate Premier League (TPL) tahun 2020-2021, Muhdi mengatakan, Askot PSSI Ternate lebih memprioritaskan para pemain muda dengan pembatasan skala umur pemain yang berada pada rentang usia 17 hingga 22 tahun ditambah dengan tiga pemain senior.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement