Rabu 04 Nov 2020 00:05 WIB

Erdogan: Muslim Eropa Hadapi Diskriminasi Sistematis

Presiden Erdogan menekankan bahwa Muslim Eropa menghadapi diskriminasi sistematis

Red: Nur Aini
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA-- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan Muslim Eropa menghadapi diskriminasi secara sistematis, serta hak dan kebebasan mereka dirampas. Hal itu diungkap presiden Turki pada Ahad, saat memperingati Perjanjian Perdamaian Dayton yang sudah berusia 25 tahun.

Baca Juga

"Perlu ada upaya melawan sentimen anti-Muslim hari ini, seperti pertempuran yang dilakukan melawan anti-Semitisme setelah Holocaust," ujar Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pada peringatan 25 tahun Perjanjian Perdamaian Dayton, yang mengakhiri perang dan genosida di Bosnia dan Herzegovina pada 1 November 1995, Erdogan menyampaikan pesan dalam bentuk video.

"Genosida, yang terjadi 25 tahun lalu di Srebrenica, jantung Eropa, tercatat sebagai noda hitam pada sejarah umat manusia. Meski telah berlalu seperempat abad, insiden pembunuhan 8.372 saudara Bosnia secara brutal, terus melukai hati kita,” kata Erdogan.

"Pada kesempatan ini, saya sekali lagi memperingati para martir yang kita cintai dengan belas kasihan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban genosida dan rakyat Bosnia yang berduka," kata Erdogan.

Presiden Erdogan mengatakan bahwa sayangnya "tuntutan keadilan oleh kerabat yang kehilangan orang yang mereka cintai selama genosida tidak dipenuhi sepenuhnya, dan sebagian besar pelaku tidak menerima hukuman yang layak." Erdogan juga menyinggung para politisi dan media Eropa yang bertindak secara tidak bertanggung jawab karena tidak mengambil tindakan yang diperlukan untuk genosida Srebrenica.

"Pembantaian yang kami saksikan di banyak bagian dunia dari Suriah hingga Yaman, Arakan hingga Selandia Baru, adalah contoh yang paling menyakitkan dari ini. Organisasi internasional yang telah menyaksikan genosida Srebrenica tetap menjadi saksi dalam menghadapi kekejaman ini belakangan ini. tahun," kata Erdogan.

Dia menambahkan pihaknya melihat negara-negara yang mengajarkan dunia tentang hak asasi manusia dan demokrasi memimpin aksi-aksi terkait Islamofobia dan xenofobia.

"Terorisme rasis menyebar seperti wabah di banyak negara barat, bahkan kadang dilindungi oleh presidennya. Sayang sekali serangan yang menargetkan tempat ibadah, tempat kerja, masjid, dan LSM Muslim sudah mengkhawatirkan," kata dia.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk mengatakan ‘setop’ untuk keadaan ganas ini dan tindakan yang mengancam masa depan umat manusia dan budaya hidup berdampingan dengan berbagai agama dan budaya," kata dia lagi.

Dia mencatat bahwa "pada saat tekanan ekonomi meningkat dan ketegangan sosial yang meningkat karena pandemi virus corona, tugas dan tugas penting jatuh ke tangan semua pihak dan semua kepala negara yang menjunjung demokrasi, kebebasan, perdamaian, dan keadilan."

“Kita harus berani bersuara tentang kesalahan dan perilaku buruk yang kita temukan agar dapat mencegah terulangnya genosida di Srebrenica dan kita harus mencari solusi bersama,” ujar Erdogan.

Presiden Turki menggarisbawahi semua individu harus memenuhi tanggung jawabnya untuk masa depan generasi selanjutnya.

"Peringatan 25 tahun genosida Srebrenica dan dimulainya pembicaraan untuk Perjanjian Perdamaian Dayton, akan menjadi sarana kebangkitan bagi seluruh dunia, terutama negara-negara Eropa," kata Erdogan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/erdogan-muslim-eropa-hadapi-diskriminasi-sistematis/2028724
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement