Selasa 03 Nov 2020 15:18 WIB

Jubir Wapres: Banyak Masalah Kerukunan tak Selesai di Daerah

Banyak masalah kerukunan umat beragama di daerah yang tak bisa diselesaikan di daerah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (7/2).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Juru Bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (7/2).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi mengatakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) baru ada di tingkat provinsi, kabupaten/ kota. Oleh karena itu, ia menilai FKUB perlu dibentuk ditingkat pusat atau nasional. Apalagi, ia menilai banyak masalah kerukunan umat beragama di daerah yang tidak bisa diselesaikan di daerah

"Dalam beberapa kejadian, misalnya, terjadi di daerah itu munculnya ke pusat. Penyelesaian forum di pusat itu enggak ada, selama ini ditangani di pemerintah pusat. Pemerintah itu seperti apa, akan lebih bagus kalau ada seperti itu (FKUB pusat)," ujar Masduki saat dihubungi, Senin (2/11).

Ia menilai, persoalan kerukunan agama pasti akan muncul di tengah Indonesia sebagai bangsa yang majemuk.

"Melihat urgensi masalahnya, karena ke depan persoalan-persoalan kerukunan beragama itu menjadi sangat penting, biar tidak mudah dipolitisasi lalu kemudian menjadi masalah," ujarnya.

Karena itu, hal itu yang mendasari sejumlah pihak menggagas pembentukan FKUB Tingkat nasional. Bahkan, Pemerintah kata Masduki, dalam waktu dekat tengah memfinalisasi pembentukan FKUB Tingkat nasional.

Dalam pertemuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaa Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Fachrul Razi, Senin (2/11) pagi, juga melaporkan gagasan tersebut.

"Selama ini FKUB itu hanya di wilayah (provinsi), kabupaten/kota, gimana kalau ada di pusat/nasional, nah tadi ada gagasan seperti itu, disampaikan oleh MenkoPMK, Mendagri dan Menag," ujar Masduki.

Masduki mengatakan, gagasan pembentukan FKUB tingkat nasional ini juga sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, dan hari ini dikonsultasikan kepada Wapres. Wapres Ma'ruf kata Masduki, juga telah menyampaikan beberapa pokok pemikiran atas pembentukan FKUB Tingkat Nasional.

Hanya saja, Masduki menyebut pembahasan pembentukan FKUB Tingkat nasional ini belum final dan harus dimatangkan, mulai dari struktur kepengurusan maupun status kedudukannmya.

"Tingkat hubungannya seperti apa, apakah sifatnya forum konsultasi atau hierarki atau segala macam itu masih belum final, masih dalam pembahasan, apakah dalam bentuk Perpres atau apa," ujar Masduki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement