Selasa 03 Nov 2020 12:44 WIB

Tujuh Bidang Ilmu UB Masuk Terbaik Dunia

Pada September, UB bersama 7 kampus Indonesia masuk terbaik versi THE.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Brawijaya
Foto: Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tujuh bidang keilmuan di Universitas Brawijaya (UN) berhasil memasuki pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University. Hasil pemeringkatan ini diungkapkan pada akhir Oktober lalu.

Adapun ketujuh bidang ilmu yang berhasil masuk pemeringkatan dunia tersebut antara lain bisnis dan ekonomi, klinis, pre-klinis serta kesehatan. Kemudian di bidang teknik dan teknologi serta ilmu kehidupan. Selanjutnya, bidang ilmu fisik dan sosial juga masuk dalam pemeringkatan versi THE.

Baca Juga

"Capaian ini jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya, dari tiga subjek menjadi tujuh subjek," kata Rektor UB, Nuhfil Hanani.

Menurut Nuhfil, peningkatan indikator aspek pendapatan industri menjadi salah satu faktor yang mendorong bidang klinis and kesehatan UB masuk pada peringkat 601+. Di bidang ini, UB berada pada urutan kedua bersama dua perguruan tinggi Indonesia lainnya. UB berada pada ranking dua (601+) setelah Universitas Indonesia (301-400).

Untuk bidang bisnis dan ekonomi, UB berada pada urutan  ketiga (601+) bersama empat perguruan tinggi Indonesia lainnya setelah Universitas Gajah Mada (UGM) dan UI (501-600). Sementara bidang ilmu komputer berada pada urutan kelima (801+) dan bidang teknik serta teknologi di urutan keenam (1001+) bersama dua kampus Indonesia lainnya.

Bidang ilmu kehidupan UB berada pada urutan  ketiga (801+) bersama empat perguruan tinggi lainnya. Kemudian pada bidang ilmu fisik ada di urutan keempat. Lalu ilmu sosial UB di posisi kedua (601+) setelah UI (501-600).

Nuhfil mengaku bersyukur atas capaian kampus dan mengapresiasi kerja keras seluruh civitas akademika. Kriteria pemeringkatan ini sebenarnya mencakup sebagian besar aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Yang artinya bahwa Universitas Brawijaya saat ini mampu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia terutama pada tujuh bidang tersebut," ucapnya.

 

Nuhfil berharap prestasi ini bisa terus ditingkatkan sehingga UB bisa mencapai peningkatan lebih bagus lagi. Diharapkan pula, pada tahun-tahun mendatang ada tambahan dari bidang lain yang belum masuk pemeringkatan THE. Bidang keilmuan yang dimaksud antara lain seni dan kemanusiaan, pendidikan, psikologi serta hukum.

Pada September lalu, UB berhasil masuk sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik versi Times Higher Education (THE) bersama tujuh perguruan tinggi di Indonesia. UB berada pada urutan ketiga pada daftar pemeringkatan yang dikeluarkan oleh THE untuk 1.500 PT dari 93 negara. THE menggunakan indikator dalam memperingkat PT pada lima pilar, yakni pengajaran, riset, sitasi, pendapatan industri dan international outlook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement