Selasa 03 Nov 2020 11:48 WIB

Artefak Ukiran Batu Kuno di Jubbah Arab Saudi

Wisata Jubbah ada di Arab Saudi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi
Foto: Arab News
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Terdapat beberapa destinasi menarik jika mengunjungi Arab Saudi. Salah satunya yakni destinasi ukiran batu pada zaman dahulu di Jubbah.

Dilansir dari laman Arab News pada Selasa (3/11), Jubbah berada di wilayah Hail di timur laut Arab Saudi, berada di rute karavan tua melalui Gurun Nefud.

Baca Juga

Ini merupakan salah satu situs arkeologi terbesar dan terpenting di Arab Saudi, karena prasasti dan ukiran batu yang berasal dari periode Mesolitikum. Beberapa pahatan batu ini menunjukkan pria yang memakai tutup kepala, burung, monyet, rusa, dan dua hewan menarik gerobak beroda.

Tempat tersebut juga sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2015. Ini merupakan tujuan gurun yang indah, dan dikunjungi oleh ribuan wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun.

Di samping itu, situs arkeologi juga terdapat di barat laut provinsi Al-Jauf, Arab Saudi, Batu Al-Rajajil (The Men) terdiri dari sekelompok pilar batu yang diyakini berasal dari abad keempat sebelum masehi.

Terdapat 50 set batu berdiri terpisah yang semuanya tingginya sekitar tiga meter. Setiap kelompok tiang terdiri dari dua sampai 10 batu yang berdiri tegak lurus dengan dataran tinggi. Bebatuan itu juga dianggap berkaitan dengan upacara pemakaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement