Selasa 03 Nov 2020 06:45 WIB

BPH Migas Percepat Implementasi Penggunaan LNG Kerata Api

Rencana Penggunaan LNG sebagai bahan bakar Kereta Api ini telah dimulai sejak 2015

Rep: intan pratiwi/ Red: Hiru Muhammad
 Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogi beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke Kantor PT KAI DAOP 2 Bandung. Kunjungan ini dalam rangka Pengaturan dan Pengawasan atas Penyediaan dan Pendistribusian BBM khususnya untuk Pemantauan Pemanfaatan Kuota dan Realisasi Jenis BBM Tertentu (JBT) Konsumen Pengguna Kereta Api Umum Penumpang dan Barang serta Pembahasan Potensi Pemanfaatan LNG untuk efisiensi penggunaan BBM di lokomotif dan gerbong kereta, Jumat (30/10).
Foto: BPH Migas
Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogi beserta Tim melakukan kunjungan kerja ke Kantor PT KAI DAOP 2 Bandung. Kunjungan ini dalam rangka Pengaturan dan Pengawasan atas Penyediaan dan Pendistribusian BBM khususnya untuk Pemantauan Pemanfaatan Kuota dan Realisasi Jenis BBM Tertentu (JBT) Konsumen Pengguna Kereta Api Umum Penumpang dan Barang serta Pembahasan Potensi Pemanfaatan LNG untuk efisiensi penggunaan BBM di lokomotif dan gerbong kereta, Jumat (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi mempercepat implementasi penggunaan gas alam cair atau LNG sebagai bahan bakar kereta api.BPH Migas menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara Tbk., PT Pertamina (Persero), dan PT Pertagas Niaga untuk mengimplementasikan rencana itu.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan bahwa penggunaan LNG sebagai bahan bakar kereta api perlu segera diwujudkan untuk mengurangi subsidi BBM. Pada 2020, kuota BBM subsidi untuk KAI sebesar 240.000 kiloliter (KL). Dengan selisih harga antara solar subsidi dan nonsubsidi sekitar Rp5.000 per liter, maka akan ada potensi penghematan keuangan negara sebesar Rp1,2 triliun.

“Untuk KAI yang penting kesungguhan komitmen dulu untuk segera mewujudkan ini, memang tidak untuk secara keseluruhan, bisa untuk penerangan gerbong terlebih dahulu, tetapi progressnya jelas. Jika langsung lokomotif saat ini mungkin terkendala, untuk pengadaan lokomotif baru kita harapkan langsung bisa dual fuel BBM, solar maupun LNG," kata Ifan,  Senin (2/11).

Direktur Komersial PT PGN LNG Adi Sangga Prasetya menegaskan bahwa pihaknya memiliki kesiapan dan mendukung konversi BBM ke LNG pada KAI. Dia mengungkapkan, pada Juli 2020 sudah ada MoU lanjutan dengan PT KAI. Terkait dengan penyediaan LNG untuk pemenuhan kebutuhan bahan bakar industri di pulau jawa termasuk untuk KAI saat ini sedang dibangun Terminal LNG Jatim di Teluk Lamong, Gresik.

Saat ini progres pembangunannya telah mencapai 90 persen dan dijadwalkan akan beroperasi pada kuartal II/2021. Sumber pasokan LNG berasal dari Bontang yang diangkut dengan kapal tanker. Dari Terminal LNG Jatim akan distribusikan ke pipa gas atau langsung disalurkan ke konsumen dengan lSO container.

Posisi pelabuhan Teluk Lamong berdekatan dengan jaringan kereta di Surabaya dan Gresik, juga sangat mendukung pasokan LNG untuk KAI sekaligus KAI bisa berperan dalam penyaluran/pengangkutan LNG dengan Iso Container. “Ada benefit tambahan jika pengangkutan ISO container dilakukan oleh KAI karena keberadaan posisi strategis KA yang memiliki jaringan stasiun point to point,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertagas Niaga, Linda Sunarti menjelaskan telah dilakukan percobaan penggunaan LNG untuk KAI tahap pertama dan kedua di Bandung. Tahap pertama untuk gerbong dan yang kedua untuk lokomotifnya.

Pada masa percobaan terdapat beberapa kendala terkait dengan kesiapan pasokan LNG. Nantinya jika diterapkan harus terintegrasi keseluruhan. Linda mengatakan apabila belum terintegrasi maka aktivitas kereta api bisa terganggu."Pada intinya apabila secara komersial penggunaan LNG pada KAI dinilai layak diniagakan," jelasnya.

Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI Azahari mengungkapkan bahwa Rencana Penggunaan LNG sebagai bahan bakar Kereta Api ini telah dimulai sejak 2015 yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Pertamina dengan KAI 28 Agustus 2015.

Lebih lanjut Azahari menjelaskan telah dilakukan berbagai tahapan uji coba penggunaan LNG sebagai bahan bakar kereta api. Pengujian dinamis yang dilakukan membuktikan bahwa peralatan instalasi tidak mengalami kendala selama kondisi operasional, tidak terdapat kebocoran atau kerusakan.“Waktu uji coba hasilnya cukup bagus, tapi setelah itu penyediaan atau suplay gas tidak siap, jika itu dipakai dengan ketidasiapan suplai LNG jatuhnya menjadi mahal, dan tidak ada inisiatif dari berbagai pihak sehingga seperti hilang begitu saja tidak ada kelanjutannya," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement