Selasa 03 Nov 2020 01:08 WIB

UBSI Berikan Kiat Sukses Mahasiswa Jadi UI/UX Designer 

Webinar itu diisi User Experience (UI/UX) Desainer berpengalaman 12 tahun.

UBSI Kampus Pontianak  menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer.
Foto: Dok UBSI
UBSI Kampus Pontianak menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Program Studi  (Prodi) Sistem Informasi  Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema ‘Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer’ secara live via Zoom, Sabtu (31/10).  Kegiatan ini menghadirkan pembicara Andana Pratama  yang merupakan co-founder CV  Pivout Inovasi Indonesia (Pivout.com). 

Menurut Kaprodi Sistem Informasi, Kampus UBSI Pontianak, Muhammad Sony Maulana, kegiatan Webinar Digital Mindset ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengembangkan pola pikir secara digital bagi mahasiswa Sistem Informasi. Apalagi saat ini trend pengembangan UI/UX design dalam rangka menyajikan aplikasi yang bagus, simple dan mudah digunakan sangat diminati. 

“Sebagai lulusan yang nantinya menjadi programmer dan junior analyst perlu memahami konsep UI/UX Designer yang baik sehingga program yang dihasilkan akan lebih berdaya nilai jual tinggi karena design UI/UX yang bagus”, ujar Sony saat diwawancara, Jumat (30/10).

Dalam webinar tersebut, Dana menyampaikan materi tentang bagaimana cara menjadi User Interface maupun User Experience (UI/UX) Desainer. Ia mengaku sudah kurang lebih 12 tahun menekuni bidang ini, sejak tahun 2008.

“Potensi media digital saat ini sangat luas. Di Indonesia sendiri masih banyak dibutuhkan tenaga kerja di bidang digital. Untuk itu kita sangat perlu mengembangkan potensi diri mengingat peluangnya sangat besar di dunia digital ini,”katanya.  

Ia menjelaskan step by step untuk menjadi seorang UI/UX desainer yang baik, yaitu mulai dari emphatize (melakukan riset), define untuk menentukan masalah utama, kemudian ideate yaitu mengemukakan atau merumuskan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, prototipe (membuat desain), dan tahapan terakhir testing, yaitu pengujian produk apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh stakeholder dan user/audience yang menggunakan produk tersebut.

Andara, salah satu mahasiswa Sistem Informasi menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini sangat memotivasinya untuk terus belajar. 

“Webinar ini sangat memotivasi untuk tetap belajar. Apapun rintangan atau hambatan abaikan saja dulu.  Hal pentingnya adalah untuk memulai saja dulu tanpa harus khawatir dengan hasil desain yang dibuat,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement