Senin 02 Nov 2020 21:13 WIB

Humas Polda Kalsel Siaga Lawan Hoaks

Tugas Polri memberikan pemahaman ke masyarakat mana informasi benar dan mana hoaks.

Hoaks (ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Hoaks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Bidang Hubungan Masyarakat (humas) Polda Kalimantan Selatan terus siaga meng-counter (lawan) setiap hoaks yang bertebaran di dunia maya di tengah arus informasi yang semakin tak terbatas. "Secara khusus ini tugas Subdit Multimedia yang memantau perkembangan dunia maya termasuk di dalamnya media sosial yang banyak informasi tidak benar dan menyesatkan," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Senin (2/11).

Rifa'i menyampaikan hal itu saat syukuran memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 Humas Polri, pihaknya terus memberikan pemahaman ke masyarakat mana informasi benar dan mana hoaks.

Baca Juga

"Tim patroli siber kami dengan cepat mengklarifikasi atau meluruskan informasi hoaks termasuk meneruskan ke Tim Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus dalam upaya penegakan hukum," katanya.

Seperti di momentum pemilihan kepala daerah (pilkada) saat ini, menurut Rifa'i hoaks rawan dijadikan senjata untuk menarik simpati sekaligus menjatuhkan kubu lawan. Untuk itulah, pihaknya menekan adanya kampanye hitam melalui serangan hoaks agar tahapan pilkada dapat berjalan aman, tertib, dan lancar.

Meng-counter hoaks menjadi salah satu semangat Bidang Humas Polda Kalsel sejalan dengan tema HUT ke-69 Humas Polri tahun ini yaitu Dengan semangat profesional Humas Polri siap mewujudkan kamtibmas yang kondusif dan masyarakat semakin produktif. Acara syukuran HUT ke-69 Humas Polri yang digelar secara sederhana oleh Divisi Humas Polri melalui virtual diikuti seluruh Polda dan Polres jajaran.

Polda Kalsel turut mengundang para Purnawirawan Polri yang bertugas Bid Humas Polda Kalsel, di antaranya AKBP Parwita, AKBP Yudi Ridarto dan Aiptu Suherman serta perwakilan wartawan mitra Polri di Polda Kalsel. Tonggak sejarah lahirnya Humas Polri berdasarkan Surat Keputusan (Skep) berdirinya Dispenpol (Dinas Penerangan Polisi) pada 30 Oktober 1951. 

Saat itu Skep Dispenpol ditandatangani oleh Kapolri pertama Jenderal (Purn) Raden Soekanto Tjokrodoatmojo. Mulai tahun ini pula, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menetapkan setiap tanggal 30 Oktober ditetapkan sebagai Hari Humas Polri yang sekarang dipimpin Irjen Pol Argo Yuwono.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement