Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Airin Resmikan Taman Baca Nirwana di Pisangan

Senin 02 Nov 2020 15:51 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah anak membaca buku sambil bermain di sebuah Taman Bacaan Masyarakat (ilustrasi)

Sejumlah anak membaca buku sambil bermain di sebuah Taman Bacaan Masyarakat (ilustrasi)

Foto: Antara/Adeng Bustami
Taman baca tersebut akan menyediakan kebutuhan pendidikan literasi bagi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nirwana di Jalan Legoso Raya, Pisangan, Ciputat Timur, Tangsel. TBM tersebut akan menyediakan kebutuhan pendidikan literasi bagi masyarakat. 

Airin menjelaskan, saat ini sudah ada ratusan TBM yang tersebar di seluruh Kota Tangsel. Dia berharap taman-taman baca tersebut bisa menfasilitasi pelayanan pendidikan dan meningkatkan kualitas literasi. "Saat ini, pendidikan literasi memang sangat penting, sehingga dibutuhkan fasilitas untuk memenuhi pendidikan literasi," tutur Airin dalam keterangan tertulis, Senin (2/11). 

Baca Juga

Pengurus TBM, Airin mengatakan, bertugas menyediakan fasilitas belajar secara langsung. Terlebih, lanjutnya, saat ini hampir setiap rukun warga (RW) memiliki TBM masing-masing, sehingga bisa dengan mudah dan menyeluruh tercipta ragam kegiatan literasi.

Airin melanjutkan, pengurus TBM bisa berinovasi dengan menggalakkan berbagai aktivitas untuk meningkatkan kemampuan literasi. Asalkan bermanfaat dan mampu memberikan wawasan dan pengetahuan terhadap anak. "Saya dengar ada juga pelatihan pencak silat. Tidak apa-apa dilanjutkan saja. Itu bagus juga," kata dia. 

Airin berharap, TBM di lain tempat juga bisa berinovasi untuk memberikan informasi-informasi berkualitas yang diharapkan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Di samping diharapkan ada geliat literasi dengan difasilitasi lewat TBM, Airin berpesan agar setiap kegiatan di TBM harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Masyarakat diharapkan bisa membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjalankan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Terlebih saat ini Tangsel kembali ke zona merah Covid-19. 

"Sekarang Tangsel kembali masuk zona merah. Jadi orang tua juga harus jadi contoh untuk anak-anaknya. Diingatkan pakai masker, kemudian cuci tangan," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA