Senin 02 Nov 2020 13:08 WIB

Perjalanan Huawei tak Tergantung dengan Teknologi Amerika

Huawei dilarang mendapatkan pasokan yang menggunakan teknologi buatan AS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Huawei Mate 40
Foto: gsm arena
Huawei Mate 40

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amerika Serikat (AS) mempersulit perusahaan Huawei ketika Departemen Perdagangan AS menempatkan Huawei di daftar entitas-nya setahun yang lalu. Hal tersebut mencegah pabrikan China mengakses rantai pasokan dari AS (termasuk Layanan Seluler Google).

Badan pengatur mengubah aturan ekspor yang memaksa produksi logam yang menggunakan teknologi Amerika untuk memproduksi chip guna mendapatkan lisensi pengiriman komponen ke Huawei.

Baca Juga

Dilansir dari Phone Arena, Senin (2/11), pabrik produksi independen teratas dunia, TSMC, tidak dapat mengirimkan chipset Kirin 9000 5nm mutakhir dari Huawei ke perusahaan sejak pertengahan bulan lalu. Kabarnya, dari pesanan 15 juta chip Kirin 9000, Huawei hanya bisa mendapatkan 8,8 juta unit. Jika benar, semua chip itu harus digunakan secukupnya.

Kirin 9000 mendukung seri unggulan baru Mate 40, suksesor ponsel lipat Mate X dan 5G base stations yang diproduksi Huawei untuk jaringan 5G yang dibangunnya. Huawei telah mencoba untuk menyelinap di sekitar aturan ekspor AS, tetapi bahkan Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC) tidak membantu. Itu karena node proses paling canggih yang dapat digunakan untuk menghasilkan chip saat ini adalah 14nm.

Langkah pemblokiran layanan seluler Google direspons Huawei dengan membangun ekosistemnya sendiri. Sebagai solusi masalah chip, menurut Financial Times (via Bloomberg), Huawei berencana membangun fasilitasnya sendiri untuk membuat chip di Shanghai.

Pabrik ini tidak akan menggunakan teknologi Amerika sehingga berada di luar jangkauan peraturan Departemen Perdagangan AS. Namun, ini bukan solusi langsung. Pembuatannya akan dimulai dengan produksi chip 45nm. Singkatnya, node proses 45nm digunakan untuk membuat chip  A4 pada iPhone 4 2010.

Pada akhir tahun depan, Huawei berharap dapat membangun chip untuk Internet yang akan menggunakan node proses 28nm. Pada akhir 2022, perusahaan berencana memproduksi chip 20nm untuk telekomunikasi 5G.

Lantaran belum pernah memiliki fabrikasi chip sebelumnya, Huawei akan beralih ke Shanghai IC R&D Center untuk menjalankan pabrik. Ini adalah perusahaan riset milik pemerintah Shanghai.

Apa yang dilakukan Huawei dengan membangun pabrik produksinya sendiri adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh seluruh negara Cina. Dalam rencana lima tahun, China mengutarakan keinginannya untuk lebih mandiri dalam hal ekonominya. Itu termasuk tidak harus bergantung pada negara asing untuk mendapatkan teknologi utama.

AS menganggap Huawei sebagai ancaman keamanan nasional karena dugaan hubungannya dengan pemerintah Komunis China. Ketakutannya adalah ponsel dan peralatan jaringan Huawei memiliki pintu belakang yang memungkinkan perusahaan mengumpulkan informasi tentang konsumen dan perusahaan Amerika, serta mengirimkannya ke server di Beijing.

Hal itu telah berkali-kali dibantah oleh Huawei dan sejauh ini tidak ada bukti yang diperoleh oleh pemerintah AS. Sementara itu, Huawei tetap menjadi produsen ponsel pintar terbesar kedua di dunia selama kuartal ketiga. Perusahaan ini juga merupakan pemasok peralatan jaringan terbesar secara global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement